Kampung Wisata Dan Curug Cigeutis Karawang

 Kampung Wisata  Dan Curug Cigeuntis Karawang

 Kampung Wisata Cigeuntis

Ada wisata yang ga kalah menarik ada di area Karawang yaitu Water Boom kampung wisata Cigeuntis dan Curug Cigeuntis  44 km dari  dari karawang kota , untuk mencapai curug ini lumayan melelahkan karena fasilitas jalan yang di lalui rusak , ada 2 alternatip jalan bila menggunakan mobil:

*Jakarta – keluar toll Karawang Barat-Parakan Badak- Pangkalan- Loji – Cigeuntis

* Jakarta – Keluar toll Cibubur- Jonggol-Cariu- Loji – Cigeuntis …lebih rekomendasi lewat cibubur karena Jalan yang di lalui lumayan  bagus di banding lewat keluar toll karawang barat  .

Pada hari minggu kami sekeluarga ke sini,  tapi niatnya si Fakhri & Faris  mau berenang saja kebetulan bosan di tempat less renang cari suasana baru  ,  saya sendiri  sudah sering  ke sini tapi gowest bawa sepeda sama teman 2 Cikarang MTB dan komunitas sepeda lain, Cigeuntis merupakan trip terdekat  yang ada di seputaran cikarang dan karawang …jadi kurang lengkap rasanya kalau tinggal di Bekasi , Cikarang , Karawang gak tau dan belum berkunjung  ke Cigeuntis hi hi ..motto ” kenali dulu potensi wisata sekitar kita” he he …  .

Menuju lokasi cukup menarik melewati beberapa pesawahan khas karawang dan perkampungan penduduk yang masih tradisional , seolah jalan yang tak berujung menuju ke selatan Kab Karawang .

Cukup cerdik dan pintar dan kaya tentunya  bisa menghadirkan water Boom kampong wisata Cigeuntis di tengah hutan yang akses nya cukup sulit hi hi ..,kebetulan Milik H Agus Salim pengusaha  muda asal asli cikarang pemiliknya, kebetulan beliau juga suka juga sepedahan, tidak kalah dengan water boom yang ada di lippo cikarang dan water world nya Mekarsari Cibubur,  air yang cukup bersih di hadirkan di water boom kampung wisata Cigeuntis ini, mungkin kolam renang dan wahana air terbersih se Jabodetabek karena air yang di dapatkan langsung dari mata air dan sungai yang ada di Curug cigeuntis …. Jadi jangan ragu untuk berenang di sini .. tarifnya cukup murah hanya Rp 20 ribu buat hari libur dan Rp 15 ribu buat hari biasa .

Di tawarkan ada beberapa permainan ,ada Atv, Out bond,Perahu air, ada Losmen  dengan gaya Jawa etnik dan rumah khas Baduy, ada lapangan Futsal juga  cukup luas, hanya saja sekarang masih dalam tahap perbaikan dan pembangunan, yang ga kalah enaknya restorannya yang cukup enak , dengan khas sunda modern, dan tidak kalah bagusnya water boom  kolam renangnya yang airnya bersih dan dingin .

 

 

Lebih pas sudah melakukan perjalanan yang melelahkan dan bersantap siang, dengan kerabat teman, sangat cocok  di kampong wisata ini, dan  buat liburan alternative keluarga , kalau  anda suka bersepeda apa salahnya mencoba naik ke atas sekitar 4 km nanjak di sana ada Curug Cigeuntis yang indah yang di kelola  oleh Perum Perhutani  Jawa barat.

Tips  om2 yang suka nanjak  : Ibu dan anaknya berenang , bapanya naik ke atas bawa sepedah ..kalau cukup kuat bersama sama naik ke atas  juga ….mantab ……he he…….

Setelah istirahat dan makan siang perjalanan bisa di lanjutkan ke curug cigeuntis ,bisa pake sepeda, jalan kaki, atau naik ojeg ..nih liputan ke curug cigeuntis waktu gowest bawa sepeda……….

Curug Cigeuntis

Mula awal sepedahan sekitar tahun 2009 saya berkenalan  dengan  teman2  Cikarang MTB dan baru pertama kali ngerasain trip yang cukup jauh buat seorang newbie dan ngerasain kram  hi hi hi.(ga kapok) malah ketagihan , seiring waktu berjalan kami bersama teman CMTB sering mampir ke Curug Cigeuntis ini, kebetulan trip favorite waktu itu,  bahkan pernah  di adakan kolosal gowes bareng sekitar 100 peserta dari Bekasi,Karawang dan Jakarta cukup sukses waktu itu, yang di ketua oleh  Om Ajie dan kang Asol salah satu sesepuh CMTB  , maka semenjak ada kolosal banyak tamu yang pingin gowest ke curug Cigeuntis.

 Sampai sekarang kalau ada tamu komunitas lain pingin ke Cigeuntis  kita siap mengantar dan sebagai among tamunya teman kita kang asol  AA Bike juru kunci, tempat nongkrong dan apotek  teman2 C MTB , selalu berkoordinasi, nantinya   mungkin ada rekan2 CMTB yang bersedia ngatar  asal hari Sabtu atau Minggu , paketnya  biasanya  ada  :

  • Dari AA Bike Cikarang  – pangkalan- Tegal  waru – Kampung wisata -Curug Cigentis  PP
  • Bawa Mobil Parkir di  Pangkalan –Tegal  Waru- kampong Wisata – Curug Cigeuntis PP atau -Bawa mobil parkir di Kampung wisata – 4 km nanjak ke curug cigeuntis ………

      

Tergantung  pesanan dan stamina tiap tamu yang akan ke sana hi hi… saya pernah jadi  among tamu antara lain : antar Komunitas sepeda  Komatsu Jakarta, HPPM Honda Cikampek, T2C Takenaka, Musashi cikarang dan LG notek cikarang …lumayan panas tripnya ,tapi akan terbalas dengan suasana pedesaaan pesawahaan, dan aliran sungai yang mengalir indah.

Bagi yang suka petualangan di sini tempatya  dari trip pangkalan kita menemukan area pesawahan yang luas,perkampungan yang banyak pohon bambunya   dan aliran sungai penambang pasir sebagai mata pencarian penduduk sekitar, trus menuju Desa Philip ga kalah serunya dengan track bebatuan jalan rusak kemudian masuk kempung  tegal   waru di sini jalan sama, dengan suguhan  track  makadam, dan track bebatuan yg menanjak cukup menguras tenaga di sini …dan akan di tandai dengan adanya pohon waru yang cukup besar dan tinggi he he.. sebagai tanda anda telah melewati track bebatuan yang cukup sulit  dan technical untuk naik ke atas, kira kira 1 jam kita melewati track bebatuan khas yang ada di trip tegal  waru ini  hawa di sini cukup panas dan gersang  mungkin karena tempatnya tinggi dan kurangnya pepohonan.

Setelah melewati tegal waru yang cukup melelahkan dan tiba yang di tunggu2  masuk ke   Villa H Agus yang sekarang Water boom kampong wisata  , kita istirahat lama di sini untuk makan siang, sholat   dan biasanya teman yang sudah tidak kuat istirahat di sini dan menunggu.

Karena untuk mencapai curug cigeuntis yang hanya 4 km membutuhkan stamina yang bagus, karena akan di suguhin tanjakan yang tidak akan habis  hi hi hi… TTB di halalkan di sini, banyak orang yang berjalan kaki di sini atau memakai jasa ojeg sekitar 30rb sampai ke curug , karena untuk mencapai curug cigeuntis mobil belum bisa masuk .

Curug cigeuntis curug yang mempesona yang  terletak Desa Mekarbuana Kecamatan Tegalwaru Kabupaten  Karawang masih asri yang terletak di kaki Gunung Sanggabuana yang saat ini di kelola oleh Perum Perhutani  unit  Jabar cukup hanya  membayar Rp 6 ribu masuk ke lokasi Curug, lumayan ada fasilitas mushola, canteen, dan kalah lezat banyak penjual  indomie,teh, kopi  karena hawa yang dingin sangat cocok makan & minum  yang panas2 …he he…   

Sambil Menatap >>>>>>…………..,<<<<<<<<<<

kita bisa menikmati keindahan Ciptaan tuhan yang begitu indah seolah gemuruh air dan percikan air yang dingin dan bersih tidak akan habis2nya segar di wajah, setelah beberapa  jam kita nanjak dpt cuaca panas terobati di sini, danselalu ada kerinduan untuk berkunjung ke sini lagi . ….Sayang pengelolaan akses jalan dan promosi wisata yang kurang banyak, sehingga Curug Cigeuntis yang indah ini, hanya penduduk seputaran Karawang, Cikarang, Bekasi yang mendominasi terbanyak   yang berkunjung ke sini …………….

 

Semoga bermanfaat ,dan  sebagai wisata  alternatif liburan akhir pekan anda …

Salam Curug ………..

Cikarang, 25 November 2011

Salam Curug

About Deni Hendarwan

The Word is flatt....No Worry Ride Ride ....
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

2 Balasan ke Kampung Wisata Dan Curug Cigeutis Karawang

  1. doni berkata:

    untk masuk ke water bo.om ny boleh bawa makan dr luar g…….informasinya bos……..hehehe…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s