Trip Curug Malela ..Bandung Barat

Informasi Perjalalanan…..di mulai di sini ..
Curug Malela (Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kec. Rongga, Kab. Bandung Barat) secara langsung dari atas tebing, sekitar 600 m sebelum mencapai sejuknya gemercik air Curug Malela. Curug yang memiliki ketinggian sekitar 60-70 m dari atas tebing tersebut memang menawarkan keindahan yang benar-benar mempesona. Bahkan, seorang rekan yang ikut berpetualang bersama menuju Curug Malela menyebutkan “wah..ini mah miniaturnya Air terjun Niagara euy…Mantaaappp!!”.

Perjalanan dimulai pagi hari jam 05.00 dari cikarang menuju tol padalarang menuju cimahi setelah melewati penatnya kepadatan lalu-lintas Kota Bandung, kami menuju kearah Cimahi dengan menggunakan kendaraan 7 mobil dan bawa sepeda (tidak disarankan menggunakan kendaraan sejenis sedan, dll..hehe..), setelah melewati cimahi perjalanan dilanjutkan melalui daerah Batujajar, lalu Kota Kecamatan Cihampelas dan cililin. Jalan yang dilalui umumnya berkelok namun kondisi jalan umumnya mulus sehingga sampai disini perjalanan akan dirasakan sangat nyaman(ingat-ingatlah kata nyaman ketika perjalanan semakin dekat ke lokasi..hehe). Memasuki daerah Kecamatan Cililin kita akan banyak menjumpai warung oleh-oleh atau jajanan khas daerah Cililin seperti wajit, angleng, dodol dan borondong, bagi yang ingin membeli oleh-oleh, disarankan membeli sewaktu perjalanan awal, karena menjelang sore warung-warung tersebut tutup.

Setelah melewati Cililin, kita akan memasuki kota Kecamatan Sindangkerta, Gunung Halu, dan Rongga. Sebenarnya lokasi curug dapat juga dilalui melalui Ciwidey, tp ga tau tuh lewat daerah mana dulu..hehe…Bagi para pecinta photography khususnya landscape dan human interest siapkan Gear anda begitu memasuki daerah Sindangkerta, sepanjang perjalanan banyak sekali ditemui aktivitas-aktivitas masyarakat maupun landscape yang begitu sayang untuk dilewatkan.

Selepas dari Kota Kecamatan Rongga, sekitar 15 km dari lokasi curug, kami menurunkan sepeda dan kami siap menikamti jalanan menuju curug . Kondisi jalan yang berbatu, tanjakan curam maupun Lumpur menjadi salah satu bagian perjalanan menuju lokasi Curug. Memasuki Desa Cicadas, sengaja kami berhenti sejenak untuk beristirahat dan berbincang dengan warga sekitar sekaligus menanyakan lokasi Curug. Di tengah perbincangan, salah satu warga yang ditemui malah mengingatkan kami untuk tidak meneruskan perjalanan, Tapi salah satu warga lainnya mempersilakan kami tetap meneruskan perjalanannya dengan catatan mesti ekstra hati-hati dan kami diharuskan meminta bantuan warga untuk mendampingi kami menyusuri jalan curam, disamping untuk menuju lokasi curug tidak ada papan penunjuk arah.

Dan ketika perjalanan dilanjutkan…omongan warga-warga tersebut memang benar…
berjarak kurang lebih 5 Km.Ditengah perjalanan, jalan yang becek berlumpur karena semalam diguyur hujan, membuat perjalanan semakin berat dan melelahkan. Tebing-tebing mesti dilalui, bekas longsoran dan juga daerah calon longsor mesti dilewati…

Setelah Gowest hampir satu setengah jam, dari kejauhan terlihat putihnya aliran jatuhnya air Curug Malela. Meski perjalanan kami perkirakan masih cukup jauh, semangat untuk terus mendaki dan menuruni jalan terjal semakin cepat kami lalui dengan harapan gemuruh air semakin dekat kami rasakan..
ternyata sudah kelihatan saya dan teman segera menitip sepeda ke penjaga warung untuk beralih berjalan kaki menuju jalan setapak ke arah curug …wuih bikin penasaran pingin cepat sampai ke curug ..

Dan memang…setelah 30 menit berjalan akhirnya sampailah kami di lokasi Curug…Kesan pertama begitu menggoda…!!Begitu indahnya Curug Malela..Begitu besar dan megah…mengingatkan kami pada Sang Pencipta….Gemuruh dan hempasan butiran air yang menerpa wajah membuat rasa lelah seketika hilang.…lembutnya buih air membuat kami serempak kembali mengeluarkan “senjata kami” untuk ikut mengabadikannya..jpret22..

Ada yang berminat berpetualang ke Curug Malela bawa sepeda ..???Jangan lupa siapkan fisik dan mental anda untuk ikut merasakan pesona Curug yg indah ini ……..

* Berbagai sumber naskah tulisan ………

Selamat berpetualang….!!!
Cikarang,17 July 2010
DT Hendarwan ………

Lokasi: G Halu ..Bandung Barat

About Deni Hendarwan

The Word is flatt....No Worry Ride Ride ....
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

5 Balasan ke Trip Curug Malela ..Bandung Barat

  1. idalistiyani berkata:

    Kapan Aqyu di ajak ke Curug Malela………..

  2. Acep Permana berkata:

    Wah…..ini pas kering ya ? pas saya lebaran kemaren ke sana, airnya lagi gede banget jadi nggak bisa terlalu ke tengah

  3. Retno Safitri berkata:

    Wedaaaan,……ajib bener om!!
    jadi pengen nyoba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s