Trip Bikewearr Epic Ride Hutan tegal panjang papandayan ..

Selamat tahun baru 2011 Om & Nte …

Trip perjalanan kali ini di awal ujung tahun 2010 sudah di dengung-dengunkan oleh teman2  cikarang MTB jauh 2 hari ada rencana mau ke Bromo, ke Talaga bodas pokoknya banyak opsi deh .dan pada akhirnya rencana itu jatuh pilihan ke Hutan Tegal Panjang G Papandayan dengan segala persiapan yg serba mendadak akhirnya berangkat 7 orang ,kebetulan semua teman   pernah gowes bareng di trip terdahulu di G Manglayang ..

Anggota tim adalah dari kiri ke kanan Trip Bike Wearr  epic ride 2011

Kang DT Deni Tarzan, President of CiPOC . Tidak perlu
diceritakan lebih lanjut kan? Nama harum nya sudah menyebar di
seantero Cikarang, terutama sekitar kompleks rumah beliau. Di
handlebar beliau yang ‘plat’ terdapat alat aneh berkedip kedip yang
katanya bernama ji-pi-es… Sepanjang jalan beliau selalu mengumumkan:
kecepatan gowes, ketinggian dari permukaan laut dan berapa kalori yang
telah dibakar… ( ha ha >>>>>Komentar om antoix nih …ga apa2 sabar -sabar  …. <<<)

Om Dani Waluya, rekan kang Asup/Kang Asol di Mattel, tinggal di
Purwakarta. Pernah gowes bareng saya dan Om Indra saat uphill
Bandung-Papandayan

Om Kunto, beliau terakhir berkonfirmasi, sudah sering menanyakan akan
gowes kemana akhir tahun dan langsung samber peluang ke papandayan
ini. Pengalaman Om Kunto dari gowes *fun bike* atas ajakan Om BI
sampai gowes petualangan ke lautan pasir Bromo sudah dijalani

Om Arfian , ini sepupu Om Indra, newbie katanya, baru rakit dominate dan
langsung dibawa ke trip ini

Om Antoix
Goweser Sejati kemana apa pun suasananya pasti ada sepeda di mobilnya , kalau urusan foto2 dan track ga pernah di ragukan lagi ,nyaman gowes kalau sama om yg satu ini ..sering di jadikan model gitu lo…

Om Indra Anggara, beliau adalah goweser yang dituakan di Bandung
Timur, GBT (goweser bandung timur). Ilmu bersepeda saya banyak dan
terus masih belajar dari Om Indra. Penguasaan GPS membuat beliau jadi
gudang tracklog… terutama area Bandung

Om Sigit, owner Bikewearr, brand jersey khusus bersepeda. Beliau si
empunya acara karena support nya pada sebagian besar transportasi dan
akomodasi tim dalam trip ini. Makanya disebut “Bikewearr Ride”. Beliau
bermimpi semua peserta ride bisa pakai jersey bikewearr, hampir
berhasil, hanya Om Kunto dan Om Arfian  yang tidak memakai jersey
produksi Bikewearr…

Untuk trip kali saya membawa keluarga istri dan anak karena dng izin mereka lah kita bisa tenang dan senang kebetulan cocok pas pegantian tahun Baru  kaya cocok buat nginap di pangalengan .

Malam tahun baru kita lewatkan di pangalengan, cuaca cukup dingin karena sudah di ketinggian sekitar 1500 dpl lumayan alternatip liburan biar keluarga senang dan bapanya juga bisa sepedahan bareng teman2 he.. he ….Pagi harinya jam 08.00 kita sudah bergegas siap untuk melanjutkan Trip epic ride dan di mulai star di Pekebunan teh Talun santosa .

Tempat nan indah ini terletak di sebelah selatan Bandung, di perkebunan teh talun  Sentosa . Tepatnya, di antara Gunung Puntang dan Gunung Papandayan. Perjalanan  desa terakhir, desa Cibatarua mulai perjalanan di suguhi track makadan yg landai dan jalan yg rusak tp huh….pemandangan indah ga ada henti -hentinya

Indah banget udara masih sejuk dingin sesekali melihat pemandangan ta putus-putus bagi yg suka berfoto ini hunting yg indah sekali …Perjalanan trus kita lalui jarak demi jarak kita lalui dengan santai dan semangat ..

Setelah kira-kira perjanan 3 jam kita lalui melewati area kebun teh yang indah baru kita sampai ke tempat yg aga tinggi 1800 dpl di sana ada vegetasi hutan mati yg telah di tebang ..

Vegetasi hutan pohon yang mati sengaja di manfaatkan para petani yg berpindah-pindah ladangnya emang sekilas kaya areal di kalimantan atau di sumatra padahal masih di jawa barat he he ….

Waktu menunjukan jam 12.30 siang waktunya makan siang yg sengaja kami bawa dari pangalengan hidangan yg paling nikmat sedunia segera di santap ,di sini kami berbincang bincang sambil berdiskusi arah dan mempelajari track log yg ada karena sinya GPS dari HP sudah hilang …Terus terang dari kami ber7 belum pernah sampai ada sampai di sini ,menurut penduduk sekitar,jalur ke telaga panjang cukup berat hanya Para pendaki aja yg biasa kesini ..jadi baru kali ini orang Bawa sepeda ke Tegal panjang ….nah loo….Bersadarkan kesepakatan kami ber 7 kita coba dulu segimana sampai, dan waktunya hanya petunjuk tali rapia aja sebagai jalur ke Tegal panjang …

Benaaaaaaaaaaaar………kata petani, bahwa jalan sangat sulit untuk jalan kaki aja susah apalagi petunjuk tali rapia pendaki sudah mulai hilang, vegetasi hutan yang basah dan becek banyaknya nyamuk hutan dan pohon yg sangat gatal untuk di sentuh waduh …bawa sepeda lagi ..kita cuman bisa menatap dan tersenyum hi hihi …supaya ga stress yg cerita-cerita aja …

Perjalanan di tengah hutan basah sudah kita lalui sekitar 2 jam perjalan dengan track pendaki ,banyak nya pohon pohon tumbang dan semak belukar yg keliatan jarang orang lalui , menurut penduduk sekitar harus 3 sungai kecil kita lalui untuk mencapai tegal panjang ini baru 1 sungai huhu….sudah kebayang ke 2 lagi gimana…

Track yang hutan banget ….tiap kita naik kita estapet gotong sepeda kalau ga begitu kita bisa bawa sepeda sampai ke atas , bukan kaki yg cape sekarang tapi tangan dan badan terasa berat belum lagi duri -duri nempel di kaki kalau di garuk gatal luar biasa..

Waktu menunjukan jam 03 sore..sungai yang di tuju baru sungai yang ke 2 track makin berat vegetasi hutan makin rapat GPS menunjukan 1900 dpl sudah mendekati 2000 dpl. Atas kesepakatan ber 7 dan arahan Om Indra GBT dan Om antoix kita putuskan untuk grup di bagi 2 , Om Indra , om antoix om dani waluya, dan om sigit untuk melanjutkan perjalanan tidak membawa sepeda , saya om kunto, dan Om Alfian menunggu, sayang tidak ada komunikasi waktu itu cukup panik juga karena hutan sudah mulai gelap,hujan mulai datang ….nah loooo….

Tak lama grup yg di pimpin om indra datang sekitar 1.5 jam di naik dan mengabarkan bahwa track tidak bisa di lalui dan jalan sudah tidak keliatan dan tegal panjang masih cukup jauh harus banyak waktu kalau kita paksakan bisa karena tinggal 1 punggungan hutan tapi resiko untuk turun harus pagi hari dan kita tidak cukup perbekalan ….Maka kami putuskan untuk segera turun waktu menunjukan jam 05 sore ..sudah kebayang naik aja 4 jam hmmm….. hujan mulai turun, gelap peralatan NR sudah terpasang …

Kami ber7 sesegera turun dan mulai menyusuri track yg kita lalui sewaktu nanjak di pagi hari…waduh jalanan tidak keliatan kami sempat banyak yang terjatuh xixix asiiikk..Dan akhirnya sampai juga di Tanjakan Manis Manja , untuk istirahat sholat magrib di atas batu …

Setelah Sholat dan istirahat kita mulai bergegegas menyipakan jas hujan dan baju hangat karena cuaca mendung dan dingin sekali, sambil menahan dingin malam, pelan kita turun sesekali nunggu teman dan berhitung jangan ada teman yg ketinggalan , waktu menunjukan jam 07 malam finish titik star masih jauh perut sudah kerocongan dan mimpi pingin makan mie rebus dan teh panas …waduuuh makin sakau..nih

Ahhirnya sampai juga di titik star di perkebunan Talun sentosa,sambil cari warung ehh tau nya warungnya udah mau tutup dan tidak lagi makanan, dengan sigap kita bikin sendiri indomie di warung tersebut ….hmm nikmat …

Jadi kesimpulanya kita hanya SURVEY ke Tegal Panjang benar di katakan Om idra GBT perlu cukup waktu buat kesana 1 hari tidak cukup hmmmm…mudah2 kita di beri kesehatan dan kesempatan untuk mencapaai tegal panjang ini…mudah-mudahan ada para goweser untuk mencoba ke sana SEMOGA……

Salam Tegal Panjang

DT Hendarwan

About Deni Hendarwan

The Word is flatt....No Worry Ride Ride ....
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

7 Balasan ke Trip Bikewearr Epic Ride Hutan tegal panjang papandayan ..

1. Ah berkata:

Mantaps…. 75%mtb 25% hiking ya? Sayang sekali tdk bisa join… menanti ulangan aja

2. Ah berkata:

Track log bisa diupload dong?