Sepedahan atau Futsal …hmmm..

Copas dari milis tetangga:
Antara Futsal, Basuki, Adjie Massaid dan Usia 40 Tahun
Apakah salahnya olah raga futsal? Setelah pelawak Basuki di akhir 2007 dan

sekarang Adjie Massaid, yang meninggal setelah malamnya main futsal nah mulai kita bahas pilih mana sepedahan atau bermain futsal .

FUTSAL

Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan lima orang. Tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan, dengan memanipulasi bola dengan kaki. Selain lima pemain utama, setiap regu juga diizinkan memiliki pemain cadangan. Tidak seperti permainan sepak bola dalam ruangan lainnya, lapangan futsal dibatasi garis, bukan net atau papan.

Futsal turut juga dikenali dengan berbagai nama lain. Istilah “futsal” adalah istilah internasionalnya, berasal dari kata Spanyol atau Portugis, futbol dan sala

Bersepeda

Hasil yang didapat dari bersepeda terutama akan mengencangkan otot bagian bawah seperti betis, paha dan pinggul. Bersepeda mampu membakar kalori sebanyak 300 sampai 700 kalori setiap jam. Jadi, akan berguna untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan. Selain itu, bersepeda dapat meningkatkan volume paru-paru sampai 50% sehingga oksigen yang dapat ditampung lebih banyak.

Untuk penderita obesitas, bersepeda merupakan olahraga yang dianjurkan karena bersepeda relatif aman dibandingkan kebanyakan olahraga yang mengharuskan berlari atau melompat. Benturan akibat berlari atau melompat dapat menyebabkan cedera kaki, pinggang, punggung bagi mereka yang obesitas karena berat badan yang berlebih membuat benturan semakin keras. Bersepeda juga baik untuk mereka yang memiliki sakit jantung.

Salah satu alasan bersepeda menjadi olahraga yang menarik adalah karena bersepeda dapat menjadi salah satu cara relaksasi. Menikmati pemandangan secara santai dan merasakah hembusan angin dapat menjadi salah satu sarana rekreasi yang menyegarkan. Jadi Anda dapat sehat secara fisik plus menyegarkan pikiran, referensi kalau suka sepeda :https://dthendarwan.wordpress.com/2011/04/11/trip-km-0/

Dengan bersepeda ternyata banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. Ada beberapa keuntungan bagi kesehatan seperti paru paru, jantung sehingga lebih kuat dan sehat. Dibawah ini mengapa bersepeda memberikan dampak yang baik yang diberikan dari pengendara di Inggris. Bukan saja lebih sehat, tetapi hal berbeda selain manfaat untuk kesehatan.

1. Lebih cepat
Bicara di Inggris, penelitian oleh Citroen menunjukan bahwa mengemudi 1 jam di kota Cardiff pada jam sibuk . Kendaraan hanya dapat menempuh sampai 12km perjam. Dengan bersepeda akan lebih cepat, karena mampu mencapai 15km atau lebih. Hal lain yang di prediksi saat ini, untuk perjalanan 20 menit dengan kendaraan akan memakan waktu 1 jam dalam 15 tahun kedepan. Macet dan semakin padat jalan membuat mobil tidak mampu bergerak secara efisien. Dengan sepeda akan mudah menyelip diantara kemacetan jalan, hasilnya akan ada waktu lebih untuk anda dibanding pengendara mobil yang sedang bermacet ria.

2.Tidur lebih lelap setelah bersepeda
Bersepeda dipagi hari dalam rute pendek saja memberikan manfaat bagi pengendara utnuk tidur lebih lelap. Hal ini dilakukan oleh  Stanford University School of Medicine dari penderita susah tidur. Hasilnya bagi mereka yang mengalami insomnia atau susah tidur dapat tidur 1 jam lebih lama.

3. Terlihat lebih muda
Menjadi impian bagi mereka yang dewasa agar tetap terlihat muda. Dengan bersepeda maka tubuh akan mengirim nutrisi keseluruh tubuh.
Harley Street dermatolog Dr Christopher Rowland Payne mengatakan hal tersebut, karena tubuh memberikan oksigen lebih besar bagi pesepeda.
Satu yang positif adalah kolagen, dengan latihan yang baik maka dapat membantu mengurangi munculnya keriput dan mempercepat proses penyembuhan.

4. Otot usus juga lebih baik.
Dengan latihan olahraga juga merangsang otot kontraksi otot usus. Seperti mencegah perasaan kembung, plus mencegah kanker usus. Dengan berolahraga sepeda, maka tubuh akan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk memindahkan makanan didalam usus besar.

5. Meningkatkan kekuatan otak
Hasil dari penelitian di universitas Illinois. Dengan bersepeda dapat meningkatkan sekitar 5% dalam kebugaran pernapasan. Juga menambah 15 % kemampuan mental. Khususnya mereka yang berusia 30 tahun keatas. Dengan bersepeda akan memberikan dampak positif dimana sel otak baru dibagian hippocampus tumbuh kembali. Bagian ini bertanggung jawab untuk menangani daya ingat dan semakin surut dengan sejalannya umur

6. Jauh dari penyakit.
Tidak perlu makan apel lagi, mungkin itu ungkapan bagi pengedara sepeda. Latihan rutin membuat sel kekebalan tubuh kembali aktif. Sehingga mereka lebih siap menghadapi infeksi. Bahkan bagi mereka yang berkendara sepeda sampai 30 menit setiap hari, hanya akan mengalami separuh sakit dari orang lain.

7 Hidup lebih lama
Mereka yang berolah raga akan lebih kecil terkena serangan jantung, diabetes tingkat 2, semua jenis kanker, tekanan darah tinggi sampai obesitas. Tubuh lebih mampu membela diri dengan regenerasi sel tubuh. Informasi terbaru, salah satu rekan kami mengalami pra-diabetes. Setelah sering bermain sepeda, ternyata penyakit tersebut sirna. Ini bukan promosi tetapi nyata.

8. Menyelamatkan dunia.
Ada benarnya, 20 sepeda dapat diparkir ditempat 1 parkir mobil. Polusi 0, kecuali zat tinja yang dibuat oleh pengendara sepeda, mungkin lebih bau tetapi ramah lingkungan.

9 Jadi simbol status.
Lupakan mobil sebagai lencana.Orang kaya saja sudah mulai menjauhi simbol mereka dengan mobil
Kampanye bersepeda di Inggris malah dilakukan oleh orang orang kaya. Padahal pendapat mereka sudah lebih dari cukup. Di Indonesia saat ini sudah banyak pemain sepeda malah dari kalangan profesional. Seperti direktur, manager sampai pemilik perusahaan malah sibuk main sepeda tiap minggu. Tidak percaya , coba saja tanyakan rekan se-permainan sepeda anda. Apakah benar cerita yang satu ini. Main Golf sudah tidak jaman, katanya seperti itu. Buruan jual stick golf anda dengan sepeda.

10. Memperbaiki kehidupan sex.
Mereka yang berusia 50 tahun keatas, dan masih bersepeda, mampu memperkecil 30% resiko impontensi. Cukup ditotal 3 jam setiap minggu saja dengan bersepeda, dibandingkan olahraga kecil dirumah atau ditempat fitness.
Gairah semakin tinggi ujar peneliti asal Cornell University mengatakan masalah sex persepeda terlihat lebih muda antara 2 sampai 5 tahun dibanding usianya. Gerrr amuumm

11. Baik untuk kehamilan
Hasil penelitian dari universitas di Michigan. Ibu ibu yang sedang hamil dapat melakukan olahraga ringan. Sehingga lebih menikmati hidup selama 9 bulan ketika mengandung. Mampu menekan kegemukan bagi ibu ibu yang sedang hamil, angkanya mencapai 50%.

12. Resiko penyakit jantung lebih kecil.
Hal ini sudah dibuktikan oleh penelitian dari British Heart Foundation. Hanya 30 km perminggu, akan menekan resiko terkena penyakit jantung sampai 50% dibandingkan mereka yang tidak berolahraga.

13. Olahraga dapat meningkatkan kinerja dan disayang boss.
Dari universitas Bristol dilakukan jajak pendapat dari 200 responden.  Mereka yang berolahraga ternyata memerlukan waktu istrirahat lebih sedikit. Bahkan lebih tahan terhadap beban kerja, dan meningkatkan kemampuan mereka karena lebih mudah menyelesaikan pekerjaan.

14. Hilangnya lemak dibagian pantat ke bawah
Dengan bersepeda sudah pasti bagian tersebut akan lebih terkendali dan jauh dari lemak. Berat badan anda mungkin saja menumpuk disana, secara perlahan akan hilang. Bukan itu saja, dibandingkan olahraga lain. Bersepeda tidak memberikan beban bagi tubuh. Karena berat badan tubuh akan ditopang oleh pelana sepeda. Dengan berlari misalnya, tekanan pada tubuh akan memberikan tekanan keseluruh rangka tubuh. Berbeda dengan bersepeda, sehingga lebih aman dan tidak terbebani oleh berat badan ketika berolahraga.

15. Bersepeda itu malah menjauhi polusi.
Ada pertanyaan, apakah bersepeda akan membuat badan terkena polusi dari kendaraan bermotor.
Penelitian berbeda dari Imperial College London. Orang yang berada di dalam kendaraan dan bus lebih banyak terkena polusi dari gas buang kendaraan dibanding pejalan kaki atau pesepeda.
Rata rata penumpang taksi harus menerima 100.000 partikel sangat kecil yang menetap diparu paru mereka. Penumpang bus mendapatkan 40.000.
Pesepeda ternyata hanya menerima 8.000 partikel centimeter kubik. Mengapa hal tersebut terjadi, karena pengendara sepeda lebih banyak berada di atas terotoar jalan dan lebih jauh dari sumber polusi.
Untuk kota besar Jakarta yang padat, mungkin penelitian ini tidak terlalu berlaku. Maklumlah, banyak trotoar jalan yang sudah berubah fungsi, kemacetan dimana mana, dan tingkat polusi yang tinggi sudah pasti akan dihirup oleh pengendara sepeda

16. Lebih hemat, tetap muda
Olahraga di tempat fitness memiliki fungsi yang sama seperti bersepeda. Bedanya untuk tempat fitness anda perlu membayar. Anda dapat berhemat dengan bersepeda, dan menghemat uang anda untuk membayar member di tempat fitness😉

17. Anda tidak takut tantangan.
Cuaca buruk mungkin tidak disukai banyak orang. Tetapi pengemar sepeda melihat semua cuaca adalah baik. Bukan melihat cuaca sebagai hambatan melainkan cuaca adalah tantangan bagi pesepeda dan harus tetap bersepeda.
https://dthendarwan.wordpress.com/2011/01/25/bike-equipment/

"Sepedahan bisa lebih narsis wkwkwkw...."

Nah… Permasalah yang timbul Olah raga Futsal di alami adjie massaid..

Permasalahannya pertama mungkin karena faktor usia. Di usia 40 tahun pembuluh darah sudah mulai mengecil ukurannya akibat proses alami degeneratif maupun karena pola makan.

Faktor kedua, mungkin karena olah raga ini dilakukan malam hari oleh keduanya. Padahal siklus biologis tubuh membutuhkan istirahat pada jam itu. Tetapi karena dari pagi sampai sore jadwal pekerjaan padat, mungkin ini sempat dilakukan saat malam.

Faktor ketiga adalah jenis olahraga yang bersifat kompetitif, dengan stressor tinggi seperti sepak bola, tenis, bulu tangkis apalagi angkat besi, sebaiknya dihindari di usia memasuki 40 an. Olahraga seperti ini bersifat tidak ritmik, terkadang tubuh santai, terkadang harus mengeluarkan kekuatan penuh untuk berlari atau mengayun.

Olah raga yang cocok usia 40 an adalah berenang santai, jogging, bersepeda santai dan jalan pagi. Memaksa dengan olah raga prestasi seharusnya dihindari, kecuali atlit profesional. Itu pun atlit profesional banyak yang pensiun di umur 40 an.

Umur manusia siapa tahu, tetapi kalau memang masih bisa dicegah, sebaiknya semua lelaki yang mau main futsal, tenis, bulu tangkis, karate, dan lain-lain olah raga berstressor tinggi dan bersifat kompetitif sebaiknya memeriksakan diri ke dokter jantung dan dilakukan echocardiography, menilai apakah jantungnya masih dapat menanggung beban yang mendadak tinggi secara tidak beraturan saat berolah raga sejenis futsal.

Turut berduka cita kepada Adjie Massaid , dan semoga semua yang merasa seusia memilih-milih olah raga yang aman baginya.

Semoga Bermanfaat dan selalu menjaga kesehatan dan tidak lupa selalu berdoa …. amin atau baca yang ini sangat bermanfaat http://kesehatan.kompasiana.com/medis/2011/02/05/sudden-cardiac-arrest-dan-bulan-jantung-amerika/

DT Hendarwan

About Deni Hendarwan

The Word is flatt....No Worry Ride Ride ....
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

4 Balasan ke Sepedahan atau Futsal …hmmm..

  1. wahyu berkata:

    Bagus…bror…saya setuju…go..go…go….

  2. julmansyah berkata:

    mantap pisan euy blog nya hahahahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s