Jam Suunto T3C (HRM)….

Jam Suunto T3C (Heart Rate Monitor )

Wah Cukup kepikirin saran teman yg isinya jangan  Upgrade sepeda melulu Den ..mungkin ada saatnya lho   Upgade jantung Biar Imbang he..he ..he.

Maksud loo…………

Tujuannya mungkin supaya memperhatikan tubuh dan jantung kita jangan asal nanjak sikat  blehhh.. trus….. umur makin nambah, napsu juga  makin sabar ..he he ..terpikir akhirnya  cari2 juga dan tanya-sana sini  teman2,  alat pemantau detak  jantung , pertama  jatuh pada alat merek omron type 100c…tp alat kurang menurut saya terlalu kecil lagian jauh belinya  .

Pemantau Detak Jantung istilah kerennya Heart Rate Monitor…apa sih kelebihannya? Nah jam ini bisa memberitahukan detak jantung kita saat berolahraga dengan alarm beep beep 2x …kenapa jantung harus dipantau? Bagi Anda yang umurnya makin tua dan semangat nanjak makin kuat,tapi  semakin rendah kemampuan kinerja jantungnya dan jika tidak dipantau dan ternyata melebihi batas kemampuan, akan terjadi serangan jantung, serem kan?

99% Kematian Akibat Denyut Jantung Terlalu Cepat

Omron -100c

Dan atas saran teman kebetulan teman banyak yang pakai akhirnya pilihan jatuh ke jam Suunto  T3C cukup bagus karena suunto merek sangat terkenal di dunia navigasi dan adventure,lumayan bagus di lengkapi jam, tgl dan beberapa additional yang bisa di sambung ke GPS …hihi lumayan kecil kecil canggih ..juga nih kalau harga relatief ….hi hi…

Suunto T3C…Pilihanku …

“Maaf ini bukan badan si pembuat Blogg”hanya model..

“ini Baru gue si pembuat Blogg lagi latihan..uji HRM xixix”

Yang ada di benak saya  banyak sekali  atlit menggunakan HRM kenapa, jawabanya  ya karena mereka bisa mengatur tubuh mereka, agar tidak sampai fatigue sebelum waktunya. Kapan harus pelan, kapan harus nanjak dst…meskipun kita bukan altit hi….hi …

Kita bahas dulu Jam Suunto T3C  ya ada  HRM yaaaa…

HRM adalah alat untuk mengukur detak jantung kita per satuan menit (bpm, beats per minute). Kalo detak jantung itu sampe ke maximum, berarti kita udah mati  Iya kan, karena detakan jantung pasti ada batasnya. Biasanya berbentuk jam tangan, yang mana ada sensor yang dipasang di dada (tali beha). Beberapa produk yang saya  keluaran Polar (ini lumayan beken), lalu muncul Suunto, kemudian Garmin,   selaku perusahaan yang bergerak di GPS tidak mau kalah, serta Cateye (perusahaan yang bergerak di alat2 sepeda, seperti cyclo, lampu sepeda dan terakhir omron sebagai produsen alat 2 kedokteran.

Patokan dasar dari HRM ini adalah kita harus tau max HR (Heart Rate) kita. Ukuran yang paling mudah, adalah 220 – umur. Misal, gue umur 38 tahun. Jadi maximum HR gue 182bpm, kalau di jam SuuntoT3C  ini anda secara otomatis di hitung secara default (210-umur)x65%  nanti anda akan di tanya umur, berat badan, tinggi, tgl lahir …hihih…dan No KTP xixi..

Dari HRM ini, kita tentukan latihan kita, nah, biasanya dibagi dalam zona2, sbb kalau di jam suntoo ada % dan Bpm kita tinggal lihat aja berdasarkan % :

Zona 1

60-70% HR, itu ada di zona anaerobik, ini biasa dipake untuk level fat burning, karena di zona ini, menurut buku, sumber energi yang digunakan itu dari cadangan lemak yang disimpan di dalam tubuh. Kenapa level ini disebut fat burning zone, karena kita di level ini, biasanya bisa panjang banget, dalam artian gak cape2 kan? nah, kalo dalam kamus medis, FAT ini emang yang paling susah dibakar, makanya butuh intensitas latihan yang panjang sebelum fat itu terbakar, saya lakukan kalau saya latihan trip Cibatu  Lippo Cikarang .

Zona 2

0-80% level aerobic endurance. Jadi kalo kita mau latihan endurance, kita harus masuk ke zona ini. Ini zona rata2 kita saat kita latihan. Ya ini baru Km 0 hi hih……..

Zona 3

0-90% zona lactate threshold (LT), disini improvement paling besar untuk kondisi aerobik kita. Ceritanya kalo mau upgrade level, ya kesini deh. Emang gak enak, karena capek, exhausted, ngos2an.

Zona 4

90-100% ini disebut zona anaerobic. Sesekali dalam program latihan dianjurkan masuk ke zona ini, untuk meningkatkan speed. misalnya sprint 20 detik, trus turun lagi, lalu sprint lagi, dst. Hati2 jangan push to the limit. So, zona 4 ini abaikan aja. kita kan mau fun aja kan…dan bukan atlit..

Catatan kecil, zona ini juga masing2 orang berbeda2 ya, karena masing2 level of endurance kan beda2 juga. Jadi kalo udah latihan, ntar kerasa2 sendiri.

Batas ini untuk tiap2 orang berbeda2, untuk pesepeda yang tidak terlatih, mungkin LT nya di 60-70%. Kalo atlit mungkin 70-80%. Atlit pro bisa sampe 90%. Buat para pesepeda, semakin tinggi nilai LTnya, semakin kuat dia bisa bersepeda. Saat kita melewati LT kita, sejumlah besar asam lactad akan terproduksi oleh otot. Dan asam lactad ini mulai menghalangi metabolisme dari kerja otot itu sendiri, dan karena berupa asam, kita berasa panas (burning sensation, ), pada otot2 paha, dan berasa ngilu2. Hal lain yang paling mudah untuk mengetahui batas ini, adalah nafas kita berat sekali, ngos2an, kadang kunang2.. Salah satu fungsi memonitor LT ini adalah pada saat kita hendak bersepeda jauh. Hindari Threshold ini sedapat mungkin agar kita tidak mengalami fatigue. Misalnya saat ditanjakan, pada saat kita liat HRM kita mendekat 70% (misal LT kita di 70%maxHR) kita berenti, atau pindah ke gear yang lebih ringan, atau mengurangi pace (ritme) kita.

Begitu Fungsi dari HRM bukan sekedar jam dan bergaya tapi ada fungsi yang lebih penting,sesekali upgrade jantung kita semoga bermanfaat dari berbagai sumber bacaan dan obrolan sesama pemakai HRM hi hi…..semoga sehat selalu

Bisa di lihat :

http://www.heart-rate-monitor-fitness.com/suunto-t3c-review

http://mantugaul.wordpress.com/2009/01/17/review-jam-tangan-sport-suunto-t1-hrm-jam-yang-bikin-jantung-anda-tetap-berdetak/

Selamat Mencoba …

DT Hendarwan…

About Deni Hendarwan

The Word is flatt....No Worry Ride Ride ....
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

12 Balasan ke Jam Suunto T3C (HRM)….

  1. kgcgarut berkata:

    nabung heula ah…Insya Allah ke kontak2 hehehe

  2. kgcgarut berkata:

    siap…sok diantos urang, naek deui ka talaga bodas pan?

  3. JuNee berkata:

    hahahahaha,,,,,,kena racun graha intense oge euy, mantab lah si akang !!!!!! badewey buswey, dengkul areuk di upgrade moal ? hayuuu ateuh kita gowes ka cartil tembus warban, xixixixixi sok ach diantosan

  4. Ping-balik: Bike Equipment,Helm speciazed align, shoes shimano MT 32,661 kyle strait knee 2011. « Deni tarzan Hendarwan's Blog

  5. joni berkata:

    wah…kang bermanfaat juga tulisannya. ane baru saja beli yg t3c. tadi nya maw beli yg t3d tapi yg jual ndak respon.
    nanti ane nanya-2 yah kalo barang nya dah datang….
    kalo maw lebih mantab ada accesories untuk sepeda nya tuh kang….cuma harga nya nambah 1 juta an….

    • Deni Hendarwan berkata:

      Okay dah selamat untuk menjaga kesehatan …gampang kok mengoprasikanya ..tinggal jawab tgl lahir, berat badan, tinggi badan langsung deh keluar ukuran HRM nya …kalau untuk asesories T3C paling nambah GPS kalori,dll …mending beli GPS Holux aja terpisah …sama dpt 1 juga he he ….

  6. hedwigbulad berkata:

    gimana cara beli jam ini yaa boss Deni ?? saya tertarik, tp gak tau mau beli dimana… mohon info nya~

    • Deni Hendarwan berkata:

      Kebetulan saya beli dari teman sepedahan, tapi sekarang banyak yg jual berbagai merek selain suunto om bisa buka link sepedaku.com atau di Bukalapak.com biasanya banyak yg jual …selamat mencoba.

  7. fajarmono berkata:

    ting tung
    siang boss, trims infonya sangat membantu
    saia juga setuju suunto recommended dah..
    nah sekalian nanya boss, klo mau beli tali jam t3 rubber di mana y? kali aja ada info.
    udah nyari” di toko” jam, banyak yang g punya..
    thx

    • Deni Hendarwan berkata:

      Ting tung …
      Lam kenal om, dan met siang juga , memang aga sulit juga cari type T3 ini, saya juga waktu itu beli dari teman yang pulang dari japan, termasuk
      dapat murah juga, tapi seiring jaman dan teknologi HRM banyak produk bagus yg keluar contoh dari cateye cakep banget om saya liat pameran Ina Bike kemarin kisaran 1,5 jt an , coba cari di http://www.bukalapak.com atau http://www.sepedaku.com , biasaya ada yang jual ..selamat mencari om …hi hi ..
      salam Ting tung ……….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s