Adenium Arabicum (hobby yang Tertunda)

Adenium Arabicum (hobby yang Tertunda)

Sudah lama rasanya meninggalkan tanaman tanaman yang ada di rumah, sesekali memang saya rawat tapi karena kesibukan hobby baru yaitu bersepeda tanaman yang dulu di sayang dan di buru sekarang terabaikan, hanya istri di rumah yang setia merawat tanaman Adenium adenium , salah satu Adenium kesukaan saya yaitu Adenium Arabicum ga tau kenapa saya suka dengan jenis Adenium ini … bagi yang belum tau kita bahas  Adenium :

IMG_5580

Adenium atau di Indonesia dikenal dengan kamboja jepang merupakan tanaman hias yang paling digemari. Selain karena bunga adenium sangat indah dan berwarna-warni, perawatannya pun relatif sangat mudah. Adenium memiliki jenis yang berbeda-beda, masing-masing mempunyai karakter yang berbeda pada bunga, batang, daun, dan akarnya. Di antara macam-macam adenium yang terkenal adalah adenium arabicum dan adenium somalense. Kedua jenis adenium ini merupakan spesies asli dan bukan hasil penyilangan.

IMG_5574

IMG_5576

Taksonomi dari adenium arabicum ini masih diperselisihkan oleh para ahli botani karena masih sering dianggap sebagai varietas dari adenium obesum. Adenium ini tersebar di Jazirah Arab hingga negeri Yaman. Ciri-ciri fisiknya adalah berbatang besar, diameter bonggol bisa mencapai 1 meter. Daunnya berbulu, lebar, dan besar bila dibandingkan dengan adenium obesum, sosok tanamannya kuat dan kekar, percabangannya banyak dan langsung dari bonggolnya, tanaman ini bisa mencapai ketinggian 4-5 meter.

IMG_5581

Bentuk bunga adenium arabicum hampir sama dengan bunga adenium obesum, hanya saja warnanya merah muda polos sedangkan adenium obesum berwarna merah muda sampai merah tua dan di tengahnya ada warna putihnya. Adenium arabicum masuk ke Indonesia beberapa abad yang lalu bersamaan dengan adenium obesum, setelah mengalami adaptasi dan persilangan kedua adenium ini dikenal dengan kamboja jepang lokal.

IMG_5577

Ada dua jenis adenium somalense yaitu adenium somalense var somalense dan adenium somalense var cripsum. Sesuai dengan namanya, tanaman ini berasal dari negeri Somalia dan Tanzania. Kedua jenis adenium ini memiliki cirri daun yang sama yaitu berwarna hijau tua, sempit, meruncing, dan tulang daunnya berwarna putih. Bunga adenium jenis yang pertama berukuran relatif kecil, bentuknya seperti bintang, warnanya merah dan di tengahnya putih atau pink. Bagian corong berwarna kuning atau putih bergaris-garis merah.

IMG_5575

Sedangkan untuk jenis yang kedua warna bunganya pink, putih, salem, dan merah darah dengan semburat warna pink. Bagian corong hampir sama dengan adenium somalense var somalense. Perbedaan antara kedua jenis adenium tersebut adalah jenis yang pertama masa pertumbuhannya cepat, batangnya kekar, serta tahan terhadap lingkungan. Sedangkan jenis yang kedua masa pertumbuhannya lambat serta bersosok kecil, percabangannya cenderung merunduk dan lemah. Kedua jenis adenium ini telah disilangkan dengan adenium jenis lain dan telah dihasilkan adenium baru yang cantik dan menarik.

IMG_5578

Jenis Adenium ini sangat langka makanya waktu saya sampai ngeburu ke tangerang harganya cukup mahal yang ukuran kecil aja 300 ribuan , dan sengaja saya bungkus bongolnya pakai piber biar ke kubur dan cepat gede,

“Yang Kecil aja Rp 300 Ribuan Adenium Arabicum”

sayang saya ga bisa membudidayakan jenis Adenium ini di karenakan butuh lahan yang luas dan udara yang cukup panas jadi kita cuman bisa memelihara dan merawatnya aja  ..itu sekelumit cerita hoby yang tertunda tapi alhamdulilah hanya beberapa tanaman aja yang mati dan hobby tertunda ini di lanjutkan oleh istri hi hi…..

Semoga Bermanfaat…

Salam Adenium…

About Deni Hendarwan

The Word is flatt....No Worry Ride Ride ....
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

2 Balasan ke Adenium Arabicum (hobby yang Tertunda)

  1. Verlin berkata:

    ahahaah sama, akhirnya hoby gue mainan adenium tersalurkan juga setelah menikah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s