Pedal Crank Brother Candy,Shimano M512,M505, Deore XT M 770 …

Pedal Crank Brother Candy …

Kepingin tahuan yang besar tentang pemakain sepatu pake cllipes  keluaran Crank Brother atau biasa di sebut pedal “ egg beaters ” setelah mencari sana sini akhirnya dapat pedal crankbrother Candy yang di cari , lumayan cukup sulit mendapatkanya, kata para yang senior yang sudah memakai lumayan cukup enak katanya lebih ringan, dan  kita riview  macam-macam pedal yang sudah saya pakai , Shimano M 520, M 505 Deore Xt M 770 dan Crankbrother Candy.

Shimano Serie M 520…

Serie M520

 

Pedal ini cukup murah ,desain terbuka • Double sisi pop-up mengikat depan, dual dan penyesuaian cleat ketegangan belakang, bantalan cartridge.
• Spindle: CrMo baja.
• Body: paduan Ditempa.
• Rotasi: 4 derajat.
• Berat dalam gram: 420g per pasang

Sebelumya  saya sendiri menggunakan clipless pedal Shimano M520 dan M 505 yang cukup bersahabat harganya,  waktu mencoba pertama kali dipake  latihan, supaya terbiasa nantinya pake sepatu SPD yang bercleat he he ….. . lumayan cukup lama dengan, berbagai rintangan jatuh, terjungkel karena lupa melepasnya he he …..  dan akhirnya terbiasa deh   . dari pengalaman memakai type shimano Cleat  M520 dan M 505 masih lebih mudah menggunakannya,  tapi aga sedikit berat dan besar bentuknya , dan akhirnya  mencoba ke entry level XT series, jatuh pada XT Deore M 770 berat 352 g per pair,  lebih ringan ramping ,spindle kuat, dan menggunakan kunci L 8 mm , dan ga kalah ringan nya  saya mencoba lagi buatan Crankbrother  Candy sedikit ulasanya,

Serie Deore XT M 770

Crankbrother Candy

 

Setelah mencoba teknologi shimano  saya pikir apa salahnya saya mau coba buatan” crank brother dengan  seri Egg beaters ” karena segi harga hampir sama dengan serie M 770 Deore  XT shimano , tapi sayang kita harus mengganti cleat yang ada nempel di sepatu karena cleat yang buatan produksi Shimano berbeda dengan produksi Crank brother .

 Shimano  SPD
Bagi pemula   ingin bersepeda dan ber cleat ria saya sarankan  menggunakan brand Shimano biasanya dengan membeli sepatu SPD atau yang compatible dengan SPD,plus bonus cleat shimano, baru kita beli pedal nya   ada  Shimano M520 atau M 505 , baru sesudah mahir baru  mencoba ke  entry level sekelas , M 770 (XT series) dan M940 (XTR series)  nanti bisa merasakan,  biasanya berpengaruh pada bobot nya aza, kalau ukuran sedikit lebih ramping (XT, XTR).

Cleat SM-SH 51 & Cleat SM-SH 56 (M)

Berbicara tentang barang satu itu sangat penting sekali biasanya kalau beli pedal Serie M 520 atau M 505 biasanya di kasih Free kalau ada diskon cleat SM-SH 51, lumayan enak di pakai tapi aga sedikit berat dan sedikit aga mencengkarm di pedal meskipun sudah di longgarkan nih penampakanya.

 Teknologi semakin maju dan di sempurnakan sehingga penggunaan semakin mudah dan ringan makan di keluarkan produk baru Cleat SM-SH 56 (M) artinya  pedal ini sudah multi realease, lumayan enak ternyata di pakai gampang sekali bukanya bisa ke semua arah  nih Penampakanya ..

Crankbrother Candy

Pedal clipless buatan crank brothers dengan seri “egg beaters” yang minimalis dan ringan di bobot sehingga banyak digunakan untuk racing. Namun tidak bisa di atur kekerasan cleat merekat ke pedal… hi hi…. lumayan seram tapi lebih ringan dan menurut saya lebih gampang bukanya bisa ke atas kiri dan kanan atau hanya persaaan saya aja yaa he he …tapi di medan yang berlumpur pedal” Egg beaters”  lebih cocok dari pada buatan shimano yang kalau kena lumpur suka sedikit macet  untuk memasukan dan membukanya hi hi ….  .

 

Nih Ulasanya  Crank Brother Candy ..

Dirancang untuk semua SPD MTB , Candy  memiliki tubuh komposit satu bagian dengan sayap baja dicap. Platform mini ideal untuk pengendara yang menginginkan dukungan sedikit lebih atau yang kadang-kadang naik sementara tidak terpotong di di medan yang lebih menantang.

Berat:
 262g per pasang

spindle: chromoly baja ditempa scm 435
 
tubuh:
 satu bagian komposit
 
sayap:
 dicap baja
 
dalam bantalan:
 bos
 
luar bantalan:
 kartrid
 
cleat:
 kuningan cleat premium
 
shims:
 termasuk
 
sudut rilis:
 15 ‘sampai 20’
 
garansi: 2 tahun 

Keunggulan Clipless dan Cara Penggunaannya                 
Membuat kayuhan lebih efisien karena kaki/sepatu melekat ke pedal baik waktu menggenjot pedal kebawah maupun membantu mengangkat pedal keatas.  Gerakkan sepatu/kaki di pedal juga minim sehingga tidak ada risiko kaki melesat dari pedal karena licin. Untuk balap sudah umum harus menggunakan clipless untuk efisiensi kayuhan maksimal

Memasukkan cleat ke pedal cukup mudah dengan mengira2 posisi cleat dimana lalu memasukkan bagian depan cleat dulu ke pengait di pedal baru bagian belakang cukup dengan menekan kaki kebawah.
Untuk melepaskannya perlu menyerongkan kaki/sepatu ke arah luar atau dalam dari pedal maka cleat langsung terlepas dari pedal.

Berisi cara penggunaan ..

http://www.youtube.com/watch?v=wcSF-7oJ1Ac

Perlu latihan berkali2 sehingga terbentuk reflek, karena jika tidak maka kadangkala keasyikan berhenti tapi lupa melepaskan cleat dari pedal lalu akhirnya jatuh bodoh..dan perlu latihan latihan dan sedikit nekad untuk selalu mencoba kalau sudah biasa tidak lengkap kalau tidak memakai sepatu bercleat ria .

Untuk Kisaran Harga :

Shimano Pedal M 505  Rp. 275.000,-

Shimano Pedal M  520 Rp. 300.000,-

Shimano Pedal XT Diore M 770 Rp. 650.000,-

 Cleat  SM -SH- 51  sendiri kisaran Rp. 100.000,

Cleat SM SH-56 (M) kisaran Rp 200.000,-

Crankbrother Candy Rp .700.000,-

(Cleatnya sendiri Kisaran Rp.200.000,-)

 

Selamat Mencoba ……………

Semoga bermanfaat …..

 DT Hendarwan ..

About Deni Hendarwan

The Word is flatt....No Worry Ride Ride ....
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Pedal Crank Brother Candy,Shimano M512,M505, Deore XT M 770 …

  1. Ping-balik: Sepatu Spd Shimano … « Deni tarzan Hendarwan's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s