Lebaran di Kota Beruang Madu Balikpapan

Lebaran di Balikpapan

Lebaran Tahun ini kami sekeluarga pulang ke Balikpapan, sudah beberapa kali lebaran kita pulang , tapi baru kali ini sempat untuk bercerita tentang perjalanan dan keindahan kota Balikpapan , saya menghabiskan liburan selama 12 hari . nanti kita ulas  perjalanan wisata yang ada di Balikpapan  ke Tanah Grogot, Bukit Bengkirai, Pantai Melawai, pulau tukung dan tentunya kuliner yang ada di Balikpapan .

“Adventure Lebaran di Mulai”

Sedikit gambaran kota Balikpapan .Kota Balikpapan adalah salah satu kota di provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Kota ini memiliki luas wilayah 503,3 km² (⅔ luas Jakarta) dan berpenduduk sebanyak 559.126 jiwa (hasil Sensus Penduduk Indonesia 2010). Semboyan kota Balikpapan adalah “Gawi Manuntung Waja Sampai Kaputing” (bahasa Banjar) yang artinya adalah apabila memulai suatu pekerjaan harus sampai selesai pelaksanaannya. Logo dari kota yang sering dijuluki Kota Minyak (Banua Patra) atau Bumi Manuntung ini adalah Beruang madu, binatang khas kota Balikpapan yang sekarang sudah mulai diambang kepunahan. Nama asli Balikpapan adalah Billipapan[4][5] atau Balikkappan[6](logat Banjar,

Sebenarnya lebaran tahun ini kami sekeluarga merasa sedih pulang ke Balikpapan, karena pada awal puasa kemarin 1 romadhon 1423  kami kehilangaan kayi tercinta yang meninggal pas hari pertama di bulan puasa, jadi pas lebaran kami sekeluarga merasa kehilangan beliau  , mudah-han kayi tercinta di terima di sisi alloh swt …amin

“Kenangan Bersama Kayi (alm) Tercinta..”

Suasana lebaran dan puasa  di balikpapan lumayan aga unik karena perbedaan budaya dan letak geografis, jenis makanan berbeda beda,dan sangat khas  ..ada soto banjar, soto makasar, pisang gapit,dan ga kalah serunya makanan khas ikan laut yang berlimpah di sini jangan di tanya segarnya makanandan hidangan  ikan laut.

Suasana Idul Fitri ..

Lebaran telah tiba, meskipun ada perbedaan hari raya lebaran kita semua menikmatinya kita tetap menjalankanya   dan di kota balikpapan sendiri jatuh di tanggal 31 hari selasa, kumandang takbir dimana mana cukup meriah sekali jalan -jalan di penuhi mobil bermuatan penumpang dan alat -alat bunyi bunyi an menambah keramaian suasana malam takbiran , Pagi menjelang sholat ied di balikpapan di guyur hujan cukup lebat menambah  sejuk udara pagi .

"Ziarah Sesudah sholat id ke Makan kayi "

"Maaf-Maafan Lebaran Tanpa kayi tercinta.."

 

"Hidangan Lebaran, Soto Banjar, Coto Makasar,Baso,& bagi2 ampow"

Pantai Melawai

Pantai Melawai merupakan tempat strategis di Balikpapan kita bisa melihat proses tenggelamnya matahari di ufuk barat. Mengingat kondisi geografis Kota Balikpapan yang menghadap ke timur atau Selat Makassar, tampaknya hampir mustahil mendapat tempat yang baik untuk melihat sunset. Namun, anggapan itu ditepis dengan keberadaan Pantai Melawai yang terletak di teluk kecil sehingga memungkinkan melihat terbenamnya matahari.

 

Yang uniknya kita dapat menikmati  suasana sore di Pantai Melawai akan menjadi pengalaman liburan yang tak terlupakan, tempat berkumpulnya dan anak anak muda sanak saudara bisa melepas lelah, banyak penjual makanan yang mengusung konsep lesehan dengan pemandangan laut lepas. Berbagai makanan dijual di tempat ini, mulai dari camilan ringan hingga makanan berat. Jangan lupa Anda harus mencoba menu khas tempat ini, yakni jagung bakar, sekoteng, dan pisang gapit yang disajikan bersama saus gula merah serta parutan keju. Sembari menikmati makanan, juga dapat menyaksikan pemandangan kapal yang sedang lego jangkar dan menurunkan muatan di pelabuhan, atau kapal yang sedang berlayar di Teluk Balikpapan.

Trip Tanah Grogot Kab Paser ..

Sesudah lebaran akhirnya saya dapat kesempatan juga untuk mengunjungi  tanah kelahiran istri saya , daerah  Tanah grogot di kab paser namanya   ini yang ke 2 kali nya setelah tahun 2002 saya sempat ke sini . Sebuah  perjalanan yang lumayan jauh melewati hutan dan sungai sungguh perjalanan yang mengasikan .

"Perjalanan malam Km 38 Hutan Bengkirai Samarinda"

Kali ini perjananan  tidak menyebrang pakai Ferry di karenakan lama perjananan dan antrian suasana lebaran  , kami putuskan untuk memutar melewati hutan alam bengkirai km 38 menuju bukit Suharto  Samarinda, memang memutar melewati hutan dan jalan, dan   di lalui untuk jalan  penambang batu bara dan loading  kayu.. wuih ..jalan yang rusak dan berlobang banyak di temui,  untung kita memakai kendaraan mobil  double cabin yang biasa di pakai di sini, dan cocok buat perjanan adventure hi hi …. . Sayang perjalanan di malam hari kita lalui, kita tidak  dapat ambil  gambar atau foto sungguh gelap luar biasa, sepi, hanya beberapa truck besar yang melintas membawa kayu gelondongan yg cukup besar …Waktu tempuh 12 jam dari Balikpapan sampai ke tanah grogot pagi jam 05 kita sampai ke Tanah Grogot .

Banyak perubahan kota ini, setelah sekitar 9 th saya ga pernah ke sini kantor udah mulai rapi jalan-jalan mulai di perbaiki, yang ga kalah megah nya mesjid agung nya yang sempat di kunjungi president SBY  bulan June kemarin .

 
Banyak keluarga saya di sini, jadi rame sekali kita berkumpul melepas kerinduan yang lama ga pernah ketemu , hanya satu hari kita di sana, siang harinya kita kembali ke Balikpapan kali ini menyebrang pakai fery  dari  pelabuhan Penajam hanya butuh 7 jam kita sampai ke kota Balikpapan , cukup melelahkan tapi mengasikan.

"Alat Berat buat angkut Batu Bara dan loading kayu pusatnya di sini"

Kuliner ..Khas Kalimantan

Jenis makanan khas Balikpapan ga kalah menakriknya apalagi pada bulan puasa semua tumpah ruah di sini , ada salah satu makanan favorite ku  amparan tatak namanya, biasanya   di makan sebelum buka puasa   Amparan Tatak Pisang, dalam bahasa Banjar Amparan berarti hamparan, Tatak berarti potongan, jadi kesimpulannya potongan-potongan pisang yang di racik di kasih tepung beras santan dan gula hmmm nikmat ……

Soto Banjar

Ini soto ga asing lagi bagi orang kalimantan setiap rumah pasti menyajikanya tiap acara syukuran selamatan juga lebaran, di balikpapan ada soto yang terkenal yaitu Soto Banjar  kuin yang terletak Jl l Gunung Sahari kota  Balikpapan hmm  enak , terasa gurih rempahan nya dan di tambah sate ayam …Soto Banjar adalah soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam dan beraroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh. Soto berisi daging ayam yang sudah disuwir-suwir, dengan tambahan perkedel atau kentang rebus, rebusan telur, dan ketupat.

Nasi Kuning Balikpapan

Nasi kuning di sajikan buat sarapan, biasanya di pagi hari, ga jauh beda nasi kuning yang biasa di sajikan di tempat lain, hanya saja nasi kuning di balikpapan lebih gurih campuran santennya dan di tambah campuran daging rendang dan mie kuning , kalau di jawa lebih cocok buat makan siang he he … 

The Beach House Batakan Balikpapan

Ga lengkap rasanya kalau ke balikpapan menyatab hidangan lautnya huhh…segar ada kepiting, udang lobster, ikanKakap merah, ada banyak beberapa restoran hidangan laut di sana ada Rest Dandito, Kenari dan dan ga kalah uniknya salah satu restoran yaitu restoran the beach House karena  ada unsur seni dan etnik dalam setiap bangunanya .

Pengunjung yang ingin merasakan suasana pantai The Beach House dari jarak yang lebih dekat. Atau bagi yang ingin sedikit menikmati suasana yang ‘tak lazim’ ada salahsatu sudut menarik lainnya yang bisa membuat pengunjung ketagihan dan memutuskan untuk lagi dan lagi mengunjungi The Beach House restoran.

Apalagi kalau bukan ranjang kayu yang dililit dengan kain putih yang biasa dijadikan tempat mengabadikan gambar oleh para pengunjung. pemandangan super menawan ini sudah didapati sejak kali pertama tiba yakni di pintu masuk kawasan restoran. Beberapa ciri khas tersebut merupakan magnet keindahan yang dipunya restoran milik seorang seniman Kaltim.

 
 
Ucapan terimkasih banyak buat kaka iparku Mba Yuni , Om  Frans  hmmm…dan  PT Daun Resorce Indonesia yang meminjam mobil berikut crew nya , adikku Dhita, Nieza,Junior,Rendra, Sukses selalu moga perusahaannya makin jaya ..dan di tunggu undangan -undangan berikutnya …hi hi …
Ini sebagian dan sedikit cerita pulang Lebaran Ke Balikpapan, Mudah2han tahun depan dan liburan bisa pulang dan berkunjung ke Kota Beruang Madu Balikpapan Semoga bermanfaat .
“Ulun Guring dulu Ah  ” he he ……………
 
Cikarang,13 September 2011
 
DT Hendarwan
 
 

About Deni Hendarwan

The Word is flatt....No Worry Ride Ride ....
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s