Gowes Bareng Para Geolog ITB……

Gowes Bareng Geolog ITB

Sudah kurang lebih 3 pekan ini saya ga sepedahan  jauh, alias gowest di daerah  lain, ga sengaja buka E mail Grup Cikarang MTB ada ajakan dari teman,  Om HPW yaitu gowes geolog yang di adakan oleh Alumnus Fakultas Teknologi Geologi ITB, namanya Gowes Geolog kebetulan bertepatan  dengan hari minggu tanggal 18 Desember 2011, wah cocok nih Bandung uy , setelah kontak sana, kontek sini,  dari Cikarang MTB ada 3 orang yang mau gabung yaitu Om AH, Om Purnomo dan Sir Ivan, setelah beberapa berdiskusi lewat BBm dan menyelesaikan adm & pendaftaran dll , kita sepakat berangkat, Om AH, Om Pur, dan Sir Ivan berangkat Minggu subuh  dari Bekasi, saya sendiri karena orang rumah pingin ikut, nah Sekalian Ternak Teri ..(antar anak dan istri)  saya sekeluarga sabtu siang berangkat kebetulan katanya di Bandung lagi banjir discount   he he ………….

Kami sekeluarga berangkat dengan membawa perlengkapan yang biasa kami bawa, kebetulan keluarga saya sudah paham betul stel dan gaya Bapanya berangkat ….. he he ..mobil penuh dengan perabotan lenong  adventure , kami berangkat jam 1  siang dari cikarang dan tiba di bandung jam 3 sore jalan santai gitu loo ..mampir sana, mampir sini , kebetulan Bandung sabtu sore ini tidak macet, sesampai di bandung, kita mutar-mutar dulu keliling kota bandung, berkuliner ria…karena tujuan nanti menginap yaitu di Lembang jadi puas2-sin dulu deh  di kota Bandung, sesudah itu baru kita menanjak ria ke Lembang , ada losmen langganan yang biasa kita menginap sekeluarga  lumayan Asri, dan bersih , Jam 07 malam kita sudah chek in, udara malam  dingin banget di sini  anak anak mandian malam dengan air panas ( bath tab ria) , makan malam dan jajanan khas sekitar losmen ..dan malam semakin larut  sudah siap sleeping  bag , selimut, dan baju hangat, saya sendiri sibuk menyiapkan beberapa perlengkapan buat besok pagi hmmm…,karena jarak antara lembang dengan kampus ITB lumayan jauh, sengaja pagi2 kita turun ke bandung memakai sepeda dan rencana baru pulangnya saya di jemput setelah selesai acara ….Sepakat deh …..

Minggu pagi jam 05.00 saya dari lembang turun menuju kampus ITB tempat acara Gowes Geolog Berlangsung, hawa dingin dan gelap menghiasi perjalan sendiri sempat was2 juga sih, kebetulan belum ketemu satu sepedapun yang melintas di jalan setiabudi, kurang lebih 20 menit kita sudah sampai lebih cepat karena turunan kali…., jam 5.30 sudah sampai kampus ITB kami sarapan dulu, dan menelpon rombongan Bekasi Om AH, ternyata mereka sudah di perjananan dan sebentar lagi sampai. 

Satu persatu peserta berdatangan, ternyata pesertanya banyak juga dari Jakarta, dan Bekasi gowes ini di pilih objek geologi yang ada di Bandung dan sekitarnya , yang di pimpin oleh para geolog yang yang di  ketuai Dosen program study Teknik Geologi  Dr. Prof Budi Brimantiyo.

Route  yang di pilih  adalah :

1# Starsion Tangkuban Perahu Kawah ratu

Para Peserta berkumpul tercatat kurang lebih 150 orang, kita daftar ulang dan pembagian  jersey dan kupon undian door price, wah lumayan hadianya keren2 dari mulai GPS Garmin,Frame sepeda, grupset SLX dlll..maklum sponsor tunggal Pertamina cuy .

 

Jam 08.00 pagi  peserta di angkut pake angkot ,dan sepeda pake Pick up dari kampus ITB yang sudah di sediakan panitia  menuju tempat Star station Tangkuban Perahu , kurang lebih 45 menit kita sampai ke Kawah Ratu Tangkuban Perahu , di sini panitia mengadakan edukasi tentang kawah Gunung tangkuban perahu dan Route yang akan di lalui , dan jam 09 pagi Gowes di mulai menuju Taman Junghun Jayagiri.

2#Taman Junghun Jayagiri.

Karena ini turunan banyak para peserta melaju dengan kecepatan tinggi, hi hi…turunan man  , track yang di lewati jalan aspal rusak menuju hutan Jayagiri , kurang lebih 2 km barulah kita melewati jalan tanah dan di dapat pepohonan pohon pinus yang rindang dan sejuk mengingatkan pada tanaman khas pegunungan berkawah, sayang jalan di lalui rusak karena ulah penggendara  Motor cross yang selalu melintas ke kawasan Taman junghun jayagiri ini ,

 

 

Perjalanan di tempuh kira2 1jam sampai pistop ke 2, terlihat kota bandung, dan hamparan tanaman khas sekitar Taman Junghun ini ,  kita istirahat dan di sini Panitia menjelaskan edukasi lagi mengenai istilah 2 tentang geologi , tentu ada kuiz dan banjir hadiah yang bisa menjawab pertanyaaan dari para dosen  sayang hanya ahli geologi aja yg bisa menjawab .

3#Gunung Batu Lembang .

Setelah melewati Taman Junghun perjalan di lanjutkan ke Gunung Batu Lembang, tadi 2 trip sebelumnya di suguhi lebih banyak turunan, makadan, dan tanah merah khas jayagiri, sekarang benar di suguhi tanjakan aspal rusak , lumayan menguras tenaga di sini, brroo Nanjak … kaya ke kampung awan nya sentul aga  sedikit kemiripan …………

Rencana di Gunung batu tempat pistop dan istirahat sejenak, sambil ada jamuan khas dari panitia yaitu snack dan buah-buah  hi hi …sungguh nikmat sekali sambil menikmati hawa pegunungan dan melihat aktivitas penduduk sekitar G batu batu Lembang, ada yang lagi “ngadu ayam uy” hi hi ..seperti biasa panitia membagikan hadiah yang bisa menjawab pertanyaan dari para dosen masih tentang ilmu geologi praktis.

4#Maribaya Hotspring,Gua Belanda,Pakar .

Waktu menunjukan jam 12.00 , perjalanan di lanjutkan ke Maribaya, track di suguhkan turunan jalan halus sekitar 2 km di lanjutkan masuk ke kawasan konservasi Gua Belanda dengan track suguhan paving block yang licin harus hati-hati di sini banyak para peserta yang terguling di sini , karena jalan yang licin ,ban tidak bisa mencengkram.

 

Asik juga melewati hutan menuju gua Belanda ini, banyak para pedagang yang menjual pisang bakar, jagung bakar dll,,  rencana di sini panitia akan menutup mata kuliah geologi ini, sekaligus photo bersama, kecerian dan kegembiraan peserta di dapat di sini.

Sekitar 20 menit di gua Belanda ini dan perjanan di lanjutkan ke Kampus ITB untuk acara penutupan dan makan siang di sana ,dan pengundian hadiah dorr prize , sayang saya tidak dapat doorprize hanya om Purnomo aja yang dapat 1 buah helm exxel mantab , lumayan .

 

Sungguh pengalaman yang luar biasa bisa berkenalan dengan para Geolog , ternyata para geolog dan dosen semua para pecinta sepeda tidak salah memilih olah raga ini he he … sudah pada tua tetapi mempunyai fisik yang kuat dan sehat  karena kegemaran mereka untuk selalu membawa sepeda ke mana pun dia berada, itu satu hikmah dan yang bisa di contoh buat saya he he …moga bermanfaat , terimkasih atas sertifikat  dan undanganya sekaligus ilmu yang di dapat untuk mata kuliah geologi ini sukses selalu …

Salam Geologi

Bandung,18 Desember 2011

DT Hendarwan

About Deni Hendarwan

The Word is flatt....No Worry Ride Ride ....
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s