Trip Linggarjati Kuningan Jawa Barat

Malam Tahun Baruan 2012.

Trip Linggarjati Kuningan

Bingung milih tempat tahun baruan, ke sana kemari di beritakan macet, waktu yang sangat pendek liburan , goggling sana, sini, seputar jawa barat ,akhirnya jatuh pada pilihan di kaki Gunung Ceremai yaitu sankanhurip dan Kawasan wisata linggar jati Kuningan, kami sekeluarga berangkat hari sabtu jam 10 pagi menuju arah Pantura tepatnya arah Indramayu dan Cirebon, cukup lenggang  dan lancar jalan hari ini sehingga trip kuliner makan siang di indramayu bisa di dapat , pas jam 12 siang  kita sampai ke indaramayu,  istrirahat dan menyantap hidangan khas Ikan Bakar Indramayu kebetulan restoran yang kami pilih restoran pesona laut , yang view menghadap ke laut he he …..

RM  Pesona Laut

Satu kuliner khas Indramayu adalah seafood, di  pesisir pantai Indramayu banyak sekali menyediakan aneka masakan laut yang tentunya sangat lezat dan patut kita coba. Masakan laut itu tersedia di berbagai rumah makan – rumah makan yang berada di sepanjang pantai di Indramayu. Sebut saja, rumah makan Pesona Laut yang terletak di Eretan. Nah, jika kita hendak ke Cirebon dari arah Jakarta melewati jalan Pantura (Pantai Utara) pasti kita akan melewati rumah makan ini, dapat dilihat di depan rumah makan yang berpapasan dengan jalan Raya terdapat plang besar bertuliskan “Rumah Makan Pesona Laut” di rumah makan ini menyediakan berbagai kuliner laut yang lezat, dengan pemandangan pantai utara yang lumayan indah,   

"RM Pesona Laut Eretan Indramayu "

 

"Khas Ikan Bakar ..."

Kira-kira  satu jam kami  istirahat dan makan siang dan sholat dzuhur, perjalanan kami lanjutkan ke arah Cirebon, kuningan, perjalanan alhmadulilah cukup lancar , santai dan bisa mampir lagi beli mangga gincu khas indramayu.

"Lahap sikat Habis Fariz Makan .."

"Suasana Khas RM Pesona Laut"

Kawasan  Wisata Sangkahurip

 Waktu menunjukan jam 04 sore kita sudah sampai di daerah kuningan kawasan yang di tuju adalah Sangkahurip, Sangkanhurip adalah sebuah lokasi wisata yang terdapat di Cilimus, Kuningan, dimana terdapat pemandian air panas alam bersumber dari gunung Ciremai yang merupakan gunung tertinggi di jawa barat. Tempat ini menjadi terkenal karena banyak dibangun hotel dan resort mewah, sehingga wisatawan banyak yang berkunjung untuk menginap dan menikmati pemandangan kaki gunung Ciremai yang indah dan udaranya yang segar, serta untuk berendam di kolam air panas alam yang mengandung belerang, tidak lama saya berputar putar di sangkahurip dan perjalanan di lanjutkan ke Linggar jati.

"Sangkahurip keliatan dari linggarjati"

 Kawasan Wisata Linggarjati

Ga kalah menariknya kawasan linggar jati ini karena jarak antara ke duanya sangat berdekatan, tapi kalau lebih dingin dan sejuk linggarjati tempatnya, kami sesegera memasuki areal kawasan Linggarjati karena bentar lagi sudah sudah masuk tahun baru ,hotel yang kami pilih adalah Hotel Ayong, hotel yang menawarkan paket tahun baru , ada band live music, kolam renang air panas dan makanan yang lezat, berlokasi di kaki gunung ceremai yang setiap kamar menghadap panorama gunung ceremai , karena kami ga mungkin bisa keluar buat jalan-jalan menikmati tahun baruan  di karenakan jalan yang pasti macet, jadi lebih enak nikmati di hotel aja deh  …

"Hotel Ayong " Rekomendasi Cukup puas"

"Hiburan Tahun Baruan 2012"

" Kacapi Suling Khas Kuningan"

Suasana tahun baru di sini sangat meriah yang di tawarkan oleh pengelola hotel ini, ada kesenian khas kuningan, jaipongan, ga kalah menariknya hiburan music dangdut he he ….kami di hibur di malam pergantian tahun baru ini, ga nyesel deh kita jauh-jauh nginap di sini ,kembang api, menjadi persaingan antara pemilik hotel jadi kami bisa melihat dari lantai 4 hotel suasana penggantian tahun baru ini , mengelegar, bunga api kembang api dimana-mana ….mengawali pengantian tahun 2012…

"Jaipongan Khas Kuningan "

"Hiburan Kembang Api "

"Liat Kembang Api di Lantai 4 Hotel "

Esok paginya, anak-anak berenang, dan sarapan pagi yang telah di persiapkan oleh Hotel, saya seperti biasa ambil sepeda dari mobil untuk olahraga he he … karena udah kami persiapkan bahwa di kawasan linggar jati ada ada 2 objek wisata  yaitu Kawasan Perundingan Linggar jati dan Bumi Perkemahan Palutungan, saya pikir cocok untuk kami tengok pake sepeda , karena jalanya yang miring dan sempit , kami berangkat jam 09 pagi  dari hotel ..di suguhi dengan track aspal halus menanjak he he ….ampuun , mengikuti jalur pendakian Gunung ceremai.

"Fakhri Renang Pagi "

“Fariz juga ikutan Renang”

Kira-kira 30 menit kami sampai di kawasan perundingan linggar jati, kami istirahat dam minum sekaligus melemaskan otot yang panas abis nanjak, masih cukup jauh untuk sampai ke Bumi perkemahan palutungan, sudah istirahat kami berangkat kembali kali ini kami memasuki pos penjagaan 1 gunung ceremai,, kami melapor kepada petugas  Wahana Polsus hanya sampai Pos 3 saja, mereka sempat kaget saya ke sini karena jarang sekali orang pake sepeda ke sini kebanyakan jalan kaki dan pake motor he he …. Kami hanya olahraga saja pak ….iya pak hati hati aja karena di pos 2 dan 3  biasanya hujan pak …okay pak Hatur nuhun …jawab saya hi hi …   

"Pintu masuk Posko 1 G Ceremai"

" Gedung Perundingan Linggar Jati "

"Kawasan Linggar jati Pos 1 754 dpl"

Setelah melewati jalan semakin sempit dan rusak plus licin, dan semakin menanjak tapi kita kehibur dengan vegetasi hutan yang sejuk dan lebat, sesekali ketemu para pendaki gunung yang habis turun setelah merayakan Tahun Baru di puncak kaki gunung ceremai, bener yang di katakana penjaga pos tadi mau melewati pos 2 kita di sambut hujan yang lebat …waduh karena licin kita putuskan TTB aja deh ….sambil nyari tempat peristirahat di pos 2 , untung tinggal satu warung yang buka …alhamdulilah saya pesan Teh  manis panas waduh begitu lezatnya … ga ada teh manis se lezat ini alhamdulilah ..

"Menuju Pos 3"

“Menuju Pos 2 Benar Nanjak hi hi..”

Hujan sudah ampir 20 menit ga berhenti, kebetulan di warung juga ada sekelompok pecinta alam dari indramayu habis tahun baruan di puncak gunung Ceremai …jadi bisa terhibur dan ngobrol ngaler ngidul tentang naik Gunung , mengingatkan saya 12 tahun yang lalu seperti mereka ….he he..(Anak Gunung Bro..)

"Ketemu Para Pendaki Habis tahun Baruan di G ceremai"

Jarak antara pos 2 dan dan pos tiga bumi perkemahan tidak lah jauh hanya 1km, kami putuskan untuk jalan trus, meskipun hujan karena penasaran he he ….plus TTB lagi, karena jalan yang di lalui begitu licin karena jalan tsb  sebagai aliran air hujan, sedikit demi sedkit kami lalui keringat bercampur air hujan, …senang rasanya bisa menikmati tetesan air hujan di pegunungan yang begitu dingin ..ampir 30 menit akhirnya sampai ke bumi perkemahan Palutungan hujan masih belum berhenti juga  kami putuskan untuk istirahat dan minum… alhmdulilah akhirnya sampai ke Pos 3 Gunung Ceremai ..

"Pos 3 Bumi Perkemahan Palutungan "

Waktu menujunjukan jam 12 siang, wah sudah siang waktunya segera turun dan chek in hotel , Istri dan anak- anak sudah beres – beres dan meng sms trus segera pulang , kami segera turun yang namanya turun pasti lah cepat hanya butuh waktu 25 menit aja he he ….waktu menujukan jam 12.30 kami sudah sampai hotel, kami segera beres paking semua peralatan masuk mobil karena jam 1 sudah harus meninggalkan hotel …..

Kota Kuningan & Kolam Pemandian Cibulan

Setelah meninggalkan linggarjati kami masuk ke kota kuningan untuk makan siang di sana, masakan khas kuningan yang kami pilih ga jauh 2 menu kas khas jawa barat , pepes ayam, ayam goreng,tahu gejrot, plus nasi pulen yang harum.

"RM Khas Kuningan "

"Ada Musium Jeep Wilis"

"Lumayan ada pepes ayam,sop buntut,nyam22 deh"

Sudah makan siang perjalanan kami lanjutkan kolam pemadian Cibulan, kita ga mandi cuman pingin liat ikan dewa atau kancra bodas uniknya orang mandi sama ikan trus ga di gigit lagi hi hi hi …Menurut cerita yang berkembang di kalangan Masyarakat Desa Manis Kidul dan masyarakat Kuningan pada umumnya, ikan dewa yang ada di kolam Cibulan ini konon dahulunya adalah prajurit-prajurit yang membangkang atau tidak setia pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi. Singkat cerita, prajurit-prajurt pembangkang tersebut kemudian dikutuk oleh Prabu Siliwangi sehingga menjadi ikan. Konon ikan-ikan dewa ini dari dulu hingga sekarang jumlahnya tidak berkurang maupun bertambah. Apabila kolam dikuras, ikan-ikan ini akan hilang entah kemana, namun saat kolam diisi air, mereka akan kembali lagi dengan jumlah seperti semula. Terlepas dari benar atau tidaknya legenda itu sampai saat ini tidak ada yang berani mengambil ikan ini karena ada kepercayaan bahwa barang siapa yang berani mengganggu ikan-ikan tersebut akan mendapatkan kemalangan.

"Ikan Dewa (Kancra Bodas )

"Makananya ikan kecil"

"Heran ga gigit tu ikan ...."

Wah sangat rame banget pengunjung cibulan hari ini karena hari libur tahun baru,kami hanya 1 jam singgah di sana perjalanan kami lanjutkan menuju selatan yaitu , Waduk Dharma, sayang hanya mampir sebentar di waduk dharma karena kemalaman dan hujan, lanjut perjalanan   Cikijing, Ciamis dan tasikmalaya   sayang hujan trus menurus selama perjalanan, kami singgah di rumah bapak di tasik nginap 1 malam , dan siang harinya kami pulang ke Cikarang   alhmadulilah lancar …

"Trip Cikarang, Linggarjati kuningan PP "

Informasi Tarif Wisata di Linggarjati Kuningan

-Hotel Ayong  Tarif Rp 500.000,-/day plus acara tahun baru  (rekomendasi) penginapan sekitar kawasan Linggarjati berkisar Rp 200.000,-/Rp 300.000,- /day Hari libur..

-Masuk  ticket musieum Linggarjati Rp 10.000,- orang ..

– Masuk ticket Cibulan Rp.5.000,- orang

Masuk Waduk Dhama Rp 5.000,- orang

Trip cerita tahun baru keliling kota di Jawa barat menyambut Tahun Baru 2012  he he …semoga bermanfaat ….

Cikarang, 02 January 2012

DT Hendarwan

About Deni Hendarwan

The Word is flatt....No Worry Ride Ride ....
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

3 Balasan ke Trip Linggarjati Kuningan Jawa Barat

  1. Ping-balik: Family Traveling (Bepergian Bersama Keluarga) « Deni tarzan Hendarwan's Blog

  2. iman berkata:

    terimakasih banyak infonya Pa Deni, bermanfaat sekali, kebetulan saya sama keluarga mau ke kuningan nih….insya Alloh akhir bulan ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s