Family Traveling (Berpergian Bersama Keluarga)

Family Traveling ( Bepergian bersama Keluarga)

Berpergian bersama keluarga adalah sesuatu yang mengasikan, apalagi berpergian ke tempat yang jauh dan jarang sekali di datangi  dan terkenal biasanya di kalangan tertentu yang suka berpetualang ,biasanya cukup sulit medan dan akses  yang di tempuh tapi  tempatnya begitu indah biasanya wisata ke kawah,  ke pantai, ke situs purbakala dan bagunan sejarah  yang indah hi hi  “Back To Nature  gito loo  “Sebagai alternatip liburan berbeda dan jauh dari rutinitas”  berkemah atau bawa tenda kalau bepergian, kalau ga waktu sedikit  cari losmen atau hotel kalau tidak homestay di rumah penduduk, kalau rumah penduduk ga ada” yaa tidur di mobil he he  ..

https://dthendarwan.wordpress.com/2012/01/25/trip-dieng-plateau/

https://dthendarwan.wordpress.com/2012/01/03/trip-linggarjati-kuningan-jawa-barat/

https://dthendarwan.wordpress.com/2011/07/13/trip-green-canyon-indonesia/

Sebenarnya manfaat dari traveling itu sendiri itu adalah jelas menghibur dan menyegarkan diri untuk mengusir penat akibat kesibukan sehari hari ,dan bisa juga menggali passion terhadap sesuatu, karena perjalanan memberikan banyak inspirasi dan menjadi cara mengasah kemampuan bersosialisasi , ga perlu jauh2 ke luar negeri ..seputar jawa barat aja banyak potensi wisata yang begitu indah ..he he ….

Kita bahas apa yang biasa kami lakukan  sebelum bepergian :

**Biasanya kami menggali informasi sebelum kita berangkat caranya , bertanya pada teman yang udah pernah kesana ini lebih bagus dan akurat .trus kita  merencanakan biaya anggaran termasuk transportasi, bensin toll dll ,akomodasi ,losmen, Home stay dll dan budget makan selama menginap dan oleh oleh  tentunya itu bisa fleksible tergantung kantung masing22 he he …

**Membuka internet googling GPS ,mengukur jarak km  berapa yang tempuh dan berapa jam tempat yang akan di tuju, jelas semua ada google map.

Gooling Map yang ada di google...

Rekaman perjalanan GPS Holux trip Cikarang-Kawah putih

** Satu minggu sebelumnya kita sudah berbenah dan packing barang masuk ke mobil satu persatu, takut ada yang ketinggalan dan jangan lupa pergi ke bengkel untuk cek kendraan terutama mesin dan rem, kalau perlu bawa thule rak buat barang dan bawa sepeda buat angkut  wheel shett sepeda dan perlengkapan lainnya, agar lebih longgar di dalam mobil.

Roof Thulee angkut Whellshet sepeda,frame di dalam lebih aman.

**Jaga stamina dengan berolah raga  bersepeda pagi tentunya  2x dalam seminggu dan tidur yang cukup karena waktu libur 3 hari biasanya butuh tenaga dan stamina yang prima ( Jumat malam & Sabtu & Minggu bro waktu yang sedikit  ).

Gowest Pagi sebelum kerja seputar rumah aja...he he..

Adapun persiapan  dalam perjalanan bepergian  :

1.Tidur Cukup
Jangan tidur hingga larut malam saat sebelum hari keberangkatan. Simpan tenaga , Selain itu, saat traveling, tidurlah dengan cukup. Atur waktu tidur di tempat menginap agar mendapatkan istirahat yang berkualitas. Supaya perjalanan tidak  terhambat .

2. Sedia Air Putih
Air berperan penting dalam menjaga kesehatan Anda. Minumlah minimal 2 liter air setiap hari dalam perjalanan. Apabila kekurangan air, maka tubuh Anda akan lemas dan terkena dehidrasi. Siapkan sebotol air di tas Anda untuk menjaga stamina dan kondisi badan..

3. Bawa Obat-obatan
Bawa serta obat-obatan pribadi Anda. Biasanya penyakit yang menyerang traveler adalah maag, pusing atau sakit perut. Tapi mungkin masalah kesehatan lain seperti batuk dan flu, bisa menyerang Anda. Siapkan obat yang bisa menghilangkan gejala tersebut. Jika Anda punya preferensi obat merek tertentu, bawalah serta. Siapa tahu obat favorit Anda tidak dijual di tempat tujuan traveling.

4. Bersosialisasi
Cobalah berkenalan dan berkomunikasi di setiap tempat baru yang Anda kunjungi. Selain menambah teman, hal ini dapat membantu Anda untuk menghilangkan stres. Sosialisasi dapat Anda lakukan dengan siapa saja, dari pemandu lokal, sesama traveler, atau bahkan dengan penjaga warung di dekat objek wisata he he ….

5.Berdoa dan sholat.

Ini yang selalu saya ingat dan di kerjakan selama perjalanan, sekarang mesjid ada di mana mana di tiap SPBU dan kampong pasti ada ,ini yang selalu saya lakukan untuk rengat dan istirahat kalau tiba waktu sholat  dan selalu berdoa selama perjalalan.

Adapun perlengkapan yang harus di bawa selama bepergian (Traveling).

Contoh stell Traveling...he he ..

Sepatu atau Sandal dan Sepeda…

Sepatu atau sandal gunung  merupakan perelengkapan terpenting dalam berjalan di daerah hutan-hutan di gunung,Sepatu atau sandal yang harus digunakan adalah sepatu/sandal  yang mempunyai “kembang” yang baik. Sepatu/sandal  yang baik adalah mempunyai kembang yang besar dengan ceruk yang tajam  seperti ini berguna sekali untuk meletakan kaki secara mantap pada tebing-tebing curam dan berbatu, di usahakan  cari sandal yang cepat kering kalau kena basah,  ada produk Elger, atau Reebok  itu sangat enak di pakai , dan tidak lupa juga bawa sepatu sepeda bila bepergian bawa sepeda,  berguna untuk bersepeda gowest pagi di tempat wisata, (olahraga  bro.). sambil melihat lihat -lhat sekitar tempat  wisata dan sekitarnya yang  biasanya yang ga bisa di lalui pake kendaraan roda empat …

Sandal Rebook & Sepatu Shimano

Gowest pagi ke bumi perkemahan

Ransel

Perlengkapan untuk yang lainya adalah ransel,ransel berguna sebagai alat untuk membawa semua barang yang dibutuhkan.Kenyamanan membawa ransel tergantung pada pengepakan barang didalamnya,biasanya bawa 2 rangsel yang besardan yang kecil .yang kecil ukuran volume 12 liter, ada rain covernya dan cocok buat jalan jalan .Inilah Prinsip yang harus dipegang dalam pengepakan:Letakan barang-barang yang berat di bawah tas baru barang yang ringan di atasnya ,bagilah berat itu secara merata di sebelah kanan dan kiri dan manfaatkan ruangan yang ada di dalam rangsel seifisien mungkin.

Pakaian atau Jaket.

Jaket untuk menahan angin dan air (jaket Hujan), atau swetter dan membawa pakain secukupnya usahan pakaian yang cepat kering dan praktis, pakai celana pendek aja kaos oblong, enak tuh nyaman he he..hitunglah berapa baju yang akan di pakai biasanya sesuai waktu yang akan di lalui jangan terlalu banyak bawa baju .

Perlengkapan Tidur

Bahan-Bahan yang terbaik dari kantung tidur adalah sleping bag dan matras biasanya banyak di jual di tempat alat berkemah .Tipe-tipe kantung tidur terdiri dari tiga jenis, yaitu .tipe biasa, tipe mumi dan matras untuk hanya berupa alas tidur.Sleeping bag 3 type cukup buat 4 orang..

Perlengkapan Memasak, Perlengkapan Makanan, Perlengkapan Tambahan.

Perlengakapan memasak yang dibawa pada saat traveling adalah panci,pisau,sendok dankompor gas butana, tabung gas nya yg ukuran 220 gr cukup bawa 2 botol aja deh ,( agar tidak perlu repot-repot memakai kayu bakar serta korek api he he ribeut bro…) Selain itu juga makanan yang disarankan pada saat bepergian adalah mie instan dan roti serta air minum dan air panas di dalam termos ini prepair kalau –kalau tempat yang di tuju tidak terdapat  jual makanan , he he ….Kompor gas butana berikut gas nya.

Kelengkapan pribadi jangan lupa membawa obat pribadi dan kotak P3K,dan GPS .alat komunikasi HP bila perlu semua operator punya he he ………senter dan senter cas yang bisa tahan lama serta colokan  listrik yang lubang 4 .

GPS Holux buat rekaman perjalanan

Camera.

Ini yang paling ga pernah ketinggalan bawa camera untuk mengabadikan setiap perjalanan dan narsis tentunya he he di usahakan membawa 2 camera yang satu camera besar DSLR dan satu lagi camera Pocket dan membawa memory card tambahan dan jangan lupa untuk di cek baterainya jangan sampai lupa dan moment indah terlewatkan .

Pocket Camera buat narsis ...

 

Ini hanya berbagi pengalaman selama traveling yang saya lakukan dan  beberapa makalah bacaan  mudah-mudahan bermanfaat………….

Lets have an Adventure…

DT Hendarwan.

About Deni Hendarwan

The Word is flatt....No Worry Ride Ride ....
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s