Serba serbi Fork sepeda Rockshock

Serba Serbi  Fork Rock Shock Sepeda

Berbicara tentang fork tidak akan habis habis kita bahas tapi apa salahnya kita bahas fork yang ada dan yang saya sudah pakai, karena kalau kita berbicara panjang kembali ke masalah harga dan selera  cuy  he.. he ..kita bahas aja. Fork sepeda atau garpu sepeda adalah bagian yang tak terpisahkan dari sebuah sepeda  memegang peran menghubungkan roda frame utama sepeda, serta mengarahkan laju roda.

 Anatomi Fork….

Fork Rockshock Recon Race U turn 351 dan Fork Tora XC coil .

 Kali ini saya putuskan untuk merombak suspensi depan. Dari pengalaman menggowes keliling komplek he he.., fork sepeda saya dari Mulai Fork Gila, Fork Rst, Sountour, Epicon  dan banyak lagi yang pernah saya pakai saya mencoba aga naik kelas he he … ke Fork Rockshock,   RockShock  Tora xc coil , Fork coil  bertravel 100 mm cuman  kisaran harga antara 1 juta sampai 1.5 juta lumayan cukup enak dan tangguh di lengkapi remote lock out  enak sekali di saat nanjak, empuk dan tidak lembek  kelemahanya cukup di berat saja cocok pengemar xc he he ….. 

Rockshock Tora XC coil travel 100

 dan fork selanjutnya Fork Recon race 351 ini fork coil juga dari saran  teman menyarankan untuk memakai fork coil, dengan pertimbangan berat badan saya yang lumayan (72kg). he he ..berat  Akhirnya pilihan jatuh pada Rock Shock Recon 351. Recon ini adjustable travel dari 85-130mm. rencana buat nanjak dan cocok buat di pasang di HT saya si  neng Merida  hi hi ………

Neng Merida dng For Recon Race nya…

Menurut saya, Recon race ini cukup bagus,dengan harga pasaran mulai sekitar 2,9 sampai 3,5 juta, kualitas fork ini terlihat setara dengan harga. Materialnya terlihat kokoh dan desainnya lumayan bagus, baik desain bodi maupun grafis. Leher fork yang berwarna kecoklatan juga mengesankan model baru dan modern, secara teknis, Recon dilengkapi setelan rebound, jadi memudahkan mengatur reboun jika diperlukan. Dia juga dilengkapi adjustable travel yang cukup dioperasikan dengan memutar setelan di bagian kiri atas fork. Tinggal krek..krek.. memutar berlawanan arah jarum jam, maka travel fork akan meninggi sampai angka 130. Jika diputar sebaliknya travel akan menyusut sampai angka 85. Di antara itu diberi garis-garis menunjukkan ukuran travel,soal teknologi travel adjust atau U Turn, tapi sayang putaran u turn terlalu keras karena coil kali yaa….. jadi biasanya kita aga malas untuk menurunkan dan menaikan travel hi hi …maka saya patok 100 mm aja deh he he ….buat nanjak enak banget . .(kelemahan Recon race U turn 351 keras untuk menaikan dan menurunkan travel)

Bagaimana dengan performancenya? Recon ini cukup enak dan pas buat saya. Saat pertama saya naiki dan genjot sepeda, yang terasa empuk tapi tidak lembek,selain itu untuk cornering juga lebih stabil dan mantab.

Secara umum, setelah naik turun dengan Recon 351 U Turn saya simpulkan fork baru saya ini cukup oke. Sesuai dengan postur dan berat saya. Jika ditilik dari harganya cukup sebanding alias, value for money

Fork Rockshox Reba XX Dual Air ..

Berbicara fork yang ke tiga  ini lumayan ini fork dual air setara dengan fork dari fox  F 100 ,  dengan bahan yang sangat ringan alhamdulilah …akhirnya kecapai juga  dapat fork royal serie cihuy 100x ..tanpa mengganggu dapur mentri keuagan hi hi…… fork dambaan di dapat  cocok lagi dapat warna putih macing dengan giant  x3 si pocary ….

 Nih penampakanya Rockshox Reba XX Dual Air.

Travel 100mm/120mm

Weight 1645g (3.63 lbs)

Damping Xx Motion Control, Dual Flow

Spring Dual Air

Adjustments External Beginning Stroke Rebound, Low Speed Compression, External Floodgate And Lockout, Spring Via Air Pressure

Crown Forged, Hollow Al66 Tv Aluminum

Steerer Aluminum, 1 1/8″

Upper Tubes 32mm, 7000 Series Straight Wall Aluminum, Low Friction Anodized

Lowers Magnesium, Post Mount Disc Brake, Optional 20mm Maxle Lite

Options Remote, 29”

Maximum Rotor Size 210mm

Remotes Xloc

Menurut saya, Rebba XX air  ini cukup bagus. dengan harga pasaran mulai sekitar 4.9 sampai 6, juta, kualitas fork ini terlihat setara dengan harga. Materialnya terlihat kokoh dan desainnya lumayan bagus, baik desain bodi maupun grafis. Leher fork yang berwarna putih kecoklatan  juga mengesankan model baru dan modern,secara teknis, Rebba dilengkapi setelan rebound ajusment,dan air pressure  jadi memudahkan mengatur reboun jika diperlukan,dan di lengkapai dengan remote  lock , preload adjusment di atas handel bar yang ringan  dan sangat kecil , tinggal sekali  sentuh  fork akan mengunci.

“Mau Fox F 100 Atau Rebba xx Tergantung selera “

Bagaimana dengan performancenya? Rebba  xx ini cukup enak dan pas buat  si Pocary Giant anthem x3  yang sangat cocok bertravel 120 mm sangat empuk dan cukup enak buat nanjak dan enak sekali buat turunanan werrrrr……..  handling juga berasa stabil,selain itu untuk cornering juga lebih stabil dan mantab..Secara umum, Rebba  xx saya simpulkan fork  cukup oke. setara dengan fork Fox F 100 dari fox ..he he he…kalu di liat harga.

Fox F100 lumayan enak dan lebih ringan cocok buat stel nanjak he he …cornering stabil harga setara dengan Rebba XX  fox lebih empuk dan nyaman he he ……….

IMG01254-20130614-1259

Sekelumit bahasan serba serbi fork  dari Rockshock & Fox  yang pernah saya coba mudah-mudahan bermanfaat …

DT Hendarwan…………

 

About Deni Hendarwan

The Word is flatt....No Worry Ride Ride ....
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

8 Balasan ke Serba serbi Fork sepeda Rockshock

  1. andrew berkata:

    salam kenal om deni…. saya juga baru beli RS Reba dual air, berat badan saya 80kg…binggung tentukan setelan yang pas buat positiven dan negative chamber, mohon pencerahan om🙂

    • Deni Hendarwan berkata:

      Salam kenal juga om adrew emang aga antik pake reba air ini saya juga aga bingung juga om he he …apalagi mau ngelock itu fork suka ga berasa biasa pake recon sih ..saya bandingkan kalau pake fork enakan pake coil om kalau berat badan kaya saya lebih empuk, emang sih aga beratan ..katanya sih rekomendasi pake type recon yang air juga ada om , kalau lebih jelas om adrew bisa buka http://www.sepedaku.com penjelasan tentang fork Terimakasih ………..

  2. imam berkata:

    ma’af om mau tanya, kalo misalkan fork dg T140mm kira2 panjang stantion tube’y berapa y,
    kn ceritanya sy beli online nah pas nyampe rumah T140mm sama T120mm punya tmen ky percis sama tingginya..
    thx..

  3. Tulus-ABC berkata:

    makasih om pak pres
    recon 351 u-turn warisan dari pak pres udah nangkring di pedah saia
    emang lebih enak daripada Tora TK yang lama xixi

    betewe gimana sop buntut rubah-nya….wenak pasti yaa…

  4. Rynt berkata:

    Om reba ya tahun berapa yah?kalo ane cek2 ada perbedaaan yah yg dijual di BL ama website ya,ky teknologi u turn dan dual air udah gak ada di fork baru…maap nih,lg bingung pilih reba dual air ato ROCK SHOX REBA, RLT TI-AIR U-TURN 90-120MM…RLT TI apa yah???thx

  5. manstap sharing pengalaman nya, sangat bermanfaat, ada yang mengetahui tentang; ROCKSHOX XC-32 TK AIR, TRAVEL 100MM, STANDARD STEERER, mohon pencerahan, terima kasih in advance. Salam Gowes

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s