Sadel Sepeda

Sadel Sepeda

Sering terlupakan kegunaan fungsi dari pada sadel sepeda, banyak bermunculan merek sadel dari harga yang murah dan termahal memang selama bersepeda saya sudah mencoba merek seperti Vello, United,sampai ke WTB dengan harga kisaran  Rp 100 Ribu sampai Rp 250 ribu , karena berdasarkan pengalaman gowest keliling komplek saya mencoba naik kelas untuk mencoba sadel dari Fizik made in Italy yaitu Sadel Fizik nissine dan sadel Fizik zeak ..

Macam2 Sadel United & WTB

Sadel Fizik Nissine HP

Sadel fizik ini cukup enak di pakai dengan bahan Karbon di perkuat shell sayap datar dan sangat ringan, hanya 290 gr dan sangat awet dan cukup nyaman selama berjam jam gowes, saya sudah pakai selama 3 tahun meskipun sudah berganti ganti frame, sadel fizik nissine selalu saya bawa ,saking kuat dan awetnya he he he …sekarang sudah nongkrong di Giant pocary   dengan harga kisaran Rp 800 ribu s/d 1 juta  cocok buat XC atau AM .

Fizik Nissine HP

Enak juga nanjak ke Kampung Awan ..

Sadel Fizik Zeak.

Sadel ke dua ini lumayan dan nyaman di pakai berbahan magnesium di lapis shell dan kain condura dari  berbalut  kain jean,  label Fizik di tengahnya berbordir trendy, tapi sayang aga sedikit luntur sablonanya karena gesekan padding celana di saat gowes , sadel fizik zeak keluaran 2009/2010 berlapis pelindung, dengan paha dengan penutup microtex dengan cordura  system warna hitam dan biru jeans dengan berat 315 gram, dengan harga kisaran 900 ribu s/d 1.2 juta, lumayan cukup awet saya pasangkan di sepeda HT saya Neng Merinda .

Fizik Zeak

Kegunaan dan Manfaat Memilih Sadel …

Para atlet sepeda sering kali berada diatas sepeda ber jam2 dan ber km2 jauhnya terutama para atlet sepeda jalan raya (road bike) dan rasa nyeri otot, tidak nyaman di bagian slangka, panas, kebas Ayam Jago nya pasti pernah/sering dialami. Daerah rawan ini memang selayaknya mendapatkan perhatian kusus guna menghindari cidera lebih serius.

Secara tipikal sadel sepeda akan menopang langsung di tiga bagian/titik pada Pelvis (panggul) kita. Yaitu satu tititk di bagian depan di daerah Perineum (jaringan lunak diantara kaki) dan dua titik dibagian belakang, di daerah Ischial Tuberosities (daerah tulang duduk) Tiga titik inilah yang membentuk bidang kerja, sehingga menjadikan goesan stabil dan bertenaga untuk otot2 bagian pinggul kebawah.

Lalu mengapa bisa terjadi rasa kebas si Ayam Jago? Ini disebabkan adanya gangguan peredaran darah pada pembuluh darah dan saraf yang menuju si Ayam Jago itu, karena telah terjadi tekanan pada jaringan lunak dimana terdapat jalur pembuluh2 darah dan saraf2 halus yang keberadaanya terjepit di antara Pubic Bone dan Perineum yang menekan pada bagian tengah sadel. Sebetulnya bisa saja bagian hidung sadel dihilangkan agar bagian Perenium tidak tertekan seperti gambar diatas, tetapi dengan menghilangkan bagian hidung maka keseimbangan kita diatas sepeda akan berkurang terutama untuk para atlet sepeda balap.

Ampuh Gowes Trip PLTA Saguling ...

Kita bisa memberikan beban sebesar yang kita inginkan pada tulang duduk, ini karena tulang duduk memang dibuat untuk itu, tetapi beban yang terlalu besar pada jaringan lunak adalah masalah lain, karena pada jaringan lunak ini terletak pembuluh2 darah dan saraf2 yang mengarah ke si Ayam Jago, jadi apabila terjadi tekanan yang besar pada bagian ini maka aliran darah dari pembuluh darah ke saraf akan sangat tergangu yang mengakibatkan rasa kebas (rasa kebas adalah sebagai pringatan dini tubuh bahwa telah terjadi gangguan pada peredaran darah).

Jadi bagi penyepeda jarak jauh merasakan kebas atau rasa kurang nyaman Ayam Jagonya itu sebetulnya hal biasa, tapi hal ini tidak terjadi pada setiap orang/atlit, kira2 sekitar 20% nya saja, kebasnya ya karena terlalu lama duduk sehingga pembuluh darah dan jaringan saraf tertekan, dan akan kembali normal bila disudahi tekanan terhadap bagian itu.

Untuk newbe mungkin mula2 akan sering mengalami hal ini, apa lagi bila posisi sadelnya atau posisi tubuhnya tidak tepat, hal tidak nayman ini bisa berlangsung beberapa saat bahkan ada yang mengalami sampai beberapa hari. Sekarang yang harus dijaga dan dihindari adalah jangan sampai terjadi cedra serius pada pembuluh darah atau saraf2 di daerah ini, cedra bisa terjadi karena terkena benturan yang sangat keras hingga terjadi kerusakan di sistim pembuluh darahnya atau sistim sarafnya, bila ini terjadi maka akibatnya bisa mengalami ganguan ereksi ringan sampai parah.

Jadi apa yang harus diperbuat untuk menjaga kebugaran si Ayam Jago ini? Selagi bersepeda coba sekali2 geser posisi pada sadel atau berdiri sejenak sembari melakukan streching, bila melakukan touring jarak jauah coba lah istirahat sejenak, sebaiknya menggunakan celana sepeda ber padding yang tepat, padding yang kurang tepat posisinya justru kadang malah akan menimbulkan tekanan tambahan pada saraf2 yang sensitif.

Posisi berdiri kalau udah mulai kebab he he...

Untungnya Sekarang sudah dibuat sadel dengan lubang atau cekungan berbentuk huruf v disepanjang bagian hidung sadelnya, dan ada yang dikombinasikan dengan lapisan Gel sedemikina rupa sehingga beban bisa disalurkan dengan merata dengan tujuan mengurangi tekanan pada bagian jaringan lunak.

Apa yang dirasakan setelah beberapa lama bersepeda bukan sesuatu yang tidak ada artinya, bersepedalah dengan benar, beri perhatian cukup terhadap apa yang diduduki, dan jangan abaikan pada peringatan dini tubuh, semua ini akan membuat semuanya berjalan normal dan everyone happy.

(copas dari MP nya Pak De Poer –)

 Semoga Bermanfaat …

 DT Hendarwan.

About Deni Hendarwan

The Word is flatt....No Worry Ride Ride ....
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s