Trip Thr Juanda Bdg-Cipunagara- Darmaga Subang

Trip THR Juanda Bdg – Cipunagara- Darmaga Subang

Trip kolosal  # 10 CMTB  kali ini lumayan lain dari pada yang lain, karena di laksanakan pas musim hujan (November Rain) track yang di pilih juga lumayan cukup berat  yaitu membelah punggungan puncak Gunung Cikidang dan menembus  dua   perbatasan antara Kab Bandung  Barat  dan  Kab Subang , kali ini peserta lumayan cukup banyak sekitar 110 peserta dengan 2 mobil bus penumpang  dan 3 mobil Box sepeda , 1 mobil pick  up, dan 2 motor untuk mecanic & P3K dan ada beberapa teman juga yang bawa mobil pribadi , Team ruzuh emang profisional hebat uy …salut ,  sengaja jauh jauh telah mengadakan persiapan untuk Trip Kolosal ke # 10 ini,  tema kolosal #10 adalah “Misty Cipunagara Lets A Rock N Roll “ hi hi hi ….

New Image

“Foto Bersama Keluarga CMTB “

CIMG3497

CIMG3499

Perjalanan… THR JUANDA – MARIBAYA.

Ceritanya seperti biasa kolosal kolosal dengan  gaya khas Kolosal CMTB  sebelumnya , Peserta kumpul di AA Bike ,  sekitar jam 05 subuh untuk menaikin bis yang sudah di persiapkan team ruzuh  dan berangkat dari cikarang sekitar jam 06 pagi lalu  meluncur menuju  tempat titik  start nantinya  tepat nya di Taman Hutan Raya Juanda  bandung , perjalanan lumayan lancar meskipun ada sedikit kemacetan…sabar sabar , Jam 08.30 kita sampai ke THR Juanda Bdg .

CIMG3506

CIMG3507

aum1[1]

Setelah beres –beres , semua peralatan di bwa  dan loading sepeda dari truck lalu kita  berkumpul untuk mendapat  arahan,wejangan, dan track yang akan di lalui nantinya  dari team rusuh ,tepat  jam 09.30  pagi kita mulai berangkat  mulai memasuki pintu masuk karcis   THR Juanda dengan pelan dan santai  karena rame pengunjung brooo ,wuihhhh…pagi ini kita  di sambut dengan pemandangan yang sejuk di mata  dan nyaman, di hiasi dengan beberapa pohon sebut aja  pohon Pinus ( Pinus Mercusii), Pohon Calindra (Calliandra Callatius ), dan Tanaman Bawah sejenis tumbuhan  Teklan ( Eophotorium) di setiap perjalanannya, THR Juanda ini berada pada  ketinggian 770 dpl dengan suhu udara 20-22 C lumayan dingin .

DSC07534[1]

New Image5

Ada  objek wisatanya  juga , Ada monumen museum H Juanda, Gua –gua buatan belanda dan jepang , serta 2 buah curug yang tingginya sekitar  35 m yaitu curug dago, dan curug Omas, track  konblock dan batu susun serta anak tangga    roling naik turun, lalu  melintasi jembatan  sungai cikapundung  Huuuuuuuh…..ampunn  lumayan  menguras tenaga. Trip konblock ini di lalui  menuju maribaya butuh waktu sekitar 1.5  jam untuk sampai maribaya, sedikit aga lama he he he ….Ngeteh dulu, istirahatlah atur napas  ..  yang bikin tehambat adanya lalu  lalang pejalan kaki, dan motor yang melintas,  di maribaya  nanti kita akan istirahat makan siang  dan sholat dzuhur .

New Image58

New Image8

IMG_0364duomacan[1]

MARIBAYA-PUNCAK CIKIDANG ..

New Image9

IMG_0390tc2[1]

Setelah sholat dzuhur dan  makan siang,  yang telah di persiapkan team ruzuh,  perjalanan kami lanjutkan , ke track yang sesungguhnya, sebenarnya  kalau sesudah istirahat begini kita  malas Gowes, karena perut sudah terisi dan sudah lama istirahat , berat broooo…..hi hi  ah ..lets Go ..ah teruuussss…udara sudah mulai mendung  dan gelap , kabut mulai turun …. Nah looooo, seperti biasa kita sudah mempersiapkan peralatan termasuk jas hujan dan lampu , jarak yang di tempuh ini cukup berat yang pasti nanjak dari  ketinggian 1112 mdpl menuju puncak Cikidang 1385 mdpl .. nah loo , auuuuuummmmmm.

New Image98

New Image855

 Kita mulai berangkat dengan gaya gowesnya  masing-masing  untuk bisa  mengatur irama gowes dan  napas  supaya kita menikmati nya  hi hi hi ..ga kram maksudnya he he ……., hujan lambat laun membesar dan makin deras  petir mengelegar “Subhanallloh ” waaahhhhh ..berr dingin di badan sejuk pisan uy .. tapi alhmadulilah saya sangat senang dan beberapa teman teriak kegirangan  menyambut datang nya hujan , air begitu segar, udara sangat sejuk , track yang kita lalui tanjakan aspal berliku yang di hiasi tanaman sayur sayuran penduduk  , track sangat landai kadang naik, dan kadang turun  woooow…, sekitar 2 jam kita melewati area pekebunan dan perkampungan penduduk dan  kita mulai menanjak dengan tanjakan Offroad  yang sangat sulit untuk di lewati  karena  yang di lalui penuh dengan air selokan ga bisa menampung air yang dari atas,  banjir sekitar 10 cm dengan jalan berbatu  licin serta aliran air deras yang tumpah ke jalan   airnya mirip kuah Bajigur hi hi ….. seruuuuuuuuuuuuuu…..

CIMG3516

New Image3

New Image85

Wudih…. kita melewati track yang mulai naik dan naik Nanjak brooo  , memasuki punggungan hutan, sudah tidak ada lagi  penduduk yang melintas , ga terasa kita sudah mencapai ketinggian  1150 dpl, udara yang udah mulai sangat  dingin kabut mulai tebal, jarak antar teman sudah tidak terlihat , vegetasi tanaman sudah mulai berbeda,  tambah asik perjalanan, Cihuyyy…

100_0802[1]

CIMG3523

CIMG3522

Tanjakan demi tanjakan kita lalui dengan kesabaran mengatur irama  gowes dan napas supaya dapat broooo…  , kadang istirahat, kadang TTB… he he …. 3 jam perjalanan akhirnya kita tempuh dan akhirnya sampai puncak cikidang waktu itu saya sama rombongan T2C berada di tengan rombongan ada om AH, Sir Ivan, OM Nardi , om Heru Om Njus om Tejo rekan 1 lagi om Arif sudah ngebut entah kemana  meninggalkan kita semua hi hi , duluan  maklum  beliau sudah dapat turunan he he he ….

CIMG3531

CIMG3528

Akhirnya sudah sampai Puncak Cikidang di tandai dengan adanya patok perbatasan antara Kab Bandung Barat dan Kab Subang  1385 dpl (titik tertinggi ) udara  masih berkabut tebal dan turun hujan, kita sempat narsis dan foto –foto  he he .. waktu menunjukan jam 03 sore , menghabiskan makanan  sisa perbekalan yang ada, kadang minta dan bagi2 teman …wuih enak dan nikmat,  supaya tidak kedinginan bro..  he he he ……

PUNCAK CIKIDANG-CIPUNAGARA-DARMAGA SUBANG – FINISH..

Setelah berhaha hii hi .. dan berfoto tentunya, perjalanan di lanjutkan,  track ini   banyak dinanti yaitu Alll about Muduner he he sejauh 18 km , dari 1385 dpl menuju  412 dpl  kebayang kan nanti turunnya,  di track ini peserta  sudah banyak terpisah dan berpencar karena pada ngebut untuk turun.

New Image10

CIMG3538

Ada yang santai juga menikmati sekeliling pemandangan, seperti saya dan rekan T2C he he …padahal saat kita turun kita dapat pemandangan yang indah sekali , kadang pohon pinus yang ada, kebun sayuran sampai akhirnya ketemu hamparan Kebun teh,(Persis G Padang, Rancabali)   perkampungan,  hingga pabrik teh cipunagara , track jalan yang kita lalui semua  makadam yang rusak berat sehingga kita di tuntut kehati –hatian dan waspada di dapat batu batu besar dan pasir yang sangat licin.  

Angkat sepeda

Kurang lebih 1 jam perjalanan akhirnya kita di dapati perkampungan Cisalak namanya , perkampungan cukup unik di sini hanya beberapa rumah dan warung , ini kampung berada di tengah  punggungan  padahal jarak ke kota subang cukup sekitar 15 km lagi dengan track jalan macadam yang rusak,masih kebayang  gimana penduduk bisa ngebangun rumah yang begitu bagus, dan  membawa material untuk sampai ke kampung cisalak ini ckckckckc salut2……..

CIMG3541

Di kampung ini kita mampir dan kebetulan ada jual baso campur indomie  waduh enak sekali, badan basah kuyup , penuh lumpur, sejak tadi siang di Maribaya , ga berhenti hujan  he he .. jas hujan yang kita pakai semua tembus baju basah kuyup  hi hi…tapi masih semangat broooo, enak itu mie saking lapernya kali , tambah teh panas Nikmaaaatttt…..

CIMG3539

Karena   menggigil kedinginan dan sudah terlalu sore  dan supaya badan panas kembali,  saya  tidak berlama lama-lama saya sama OM AH, Sir Ivan dan Om djus  segera melanjutkan perjalanan, waktu tinggal om ratman yang saya tinggal kebetulan dia di tunjuk team rusuh sebagai mechanic …” duluan yaaa om ratman yaaaaa….. hi hi , i  hi hi …werrrrrrrrr………masih tetap hujan malah tambah besar Hiks …lets goo…ah……………

CIMG3551

Turunan yang cukup panjang dan membosankan  dengan jalan rusak , macadam, batu batu, kerikil  sampai lemes tuh dan tangan dan pinggang xixi nahan beban rem  untuk  menahanan control kecepatan hi hi serem… kalau turun  …”sampai sampai kita istirahat di turunan bro …he he ….ga Xc banget ah “….

CIMG3554

Waktu menujukan jam 5 sore kita sudah sampai perkampungan dan pabrik teh Cipunegara, tampak sepi pabrik hanya sedikit berproduksi hanya beberapa rumah dinas PTP kami berhenti sejenak mengamati sekitar pabrik lama .

CIMG3549

Perjalanan kami lanjutkan aga sedikit rolling lumayan, ada tanjakan juga, tapi kita semangat karena  tidak lama lagi akan turun ke kampung Darmaga Subang,    sekitar  20 menit perjalanan  sudah keliatan kampung darmaga  dan finish di  Rumah Makan Pemancingan Nugraha  subang yang terletak  di jalan altenative jalan subang,  kolam pemacingan ini cukup besar  mengalir deras air  dari sungai Cipunegara  letak kolam pemancingan  berada di pinggir sungai Cipunegara .  , tidak lama…. ternyata sudah banyak teman yang sudah sampai finish  wuih mantab  uy …he he .

CIMG3557

CIMG3556

Kami segera bergegas untuk bersih bersih dan mandi , sudah terkumpul mobil truck pengakut sepeda, dan bis , kami berkumpul sambil menikmati hidangan makan yang sudah di persiapkan team ruzuh ,

CIMG3559

Sungguh nikmat bisa berkumpul , bercerita yang seharian kami lakukan, ejekan, candaan , tertawa sungguh nikmat  hilang semua  kelelahan  hi hi hi ….hujan masih belum berhenti , jam 06 sesudah sholat magrib kita putuskan untuk pulang , kami segera menempati bis sesuai  dengan kelompoknya masing –masing , kami tertidur lelap sepanjang perjalanan  cape brooo zzzzzzzzzzz…zzzzzzz, sunyi di dalam bis he he he … jam 10 akhirnya kita sampai ke AA bike lagi … alhamdulilah …

CIMG3558 

Terimakasih semua teman  yang ikut gowes bareng di  Kolosal  #10 CMTB sunggung pengalaman yang luar biasa , terutama team ruzuh yang mau merusuhkan para peserta  dan bersilihturahmikan peserta  berharap Kolosal #11 secepatnya dapat terlaksana amin …hi hi … .

***Terimakasih Frends ..  telah izin unduh  Sebagian Foto hasil karya Om Hanif, Om Ratman, Om Nardi , Om Antoix, Om AH , Om 3 , kang Latif  dan rekan 2 CMTB ..Hatur Nuhun semuanya  Semoga Bermanfaat .. ####

Noverber Rain 24,2012

DT Hendarwan

About Deni Hendarwan

The Word is flatt....No Worry Ride Ride ....
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s