Kolosal 12# CMTB Pangalengan-Situ Cisanti

Trip kolosal CMTB #12 Pangalengan- situ cisanti

Trip kolosal cikarang Mtb yang ke 12 kalinya aga berbeda dari pada yang lain, berbeda karena waktu di bulan Februari 2014 ini lagi musim hujan,  dimana mana termasuk kolosal kali ini yang lokasinya di daerah pangalengan  Bandung selatan jawa barat  45 km, dari kota bandung  dengan ketinggian 1550 dpl, pangalengan ini cukup indah di sana ada perkebunan teh  Malabar dan kina yang di kelola oleh PTPN .

IMG-20140209-WA018[1]

Acara kolosal ini sudah di rencanakan matang jauh-jauh  hari , di ikuti sekitar 125 peserta dari berbagai komunitas sepeda yang ada di jabodetabek , karena event ini special buat saya, maka sy juga udah jauh hari mempersiapkannya  dari persipan fisik,  dengan latihan rutin  tiap hari minggu , hingga hotel yang nanti kami nginap di sana .

IMG-20140209-WA009[1]

Kami sekeluarga  berangkat dari cikarang hari jumat malam, karena acaranya sabtu pagi , jadi ada cukup waktu istirahat di sana, kami sampai di penginapan jam 09 malam di sambut dengan cuaca yang cukup dingin dan hujan , cuaca di sini bisa mencapai 20-10 derajat .

Waktu pagi tiba, saya sudah siap menuju ke lokasi jarak antara penginapan saya menginap berjarak sekitar 5 km jadi saya bawa mobil kesana , menuju titik star yaitu Makan Bosca yang ada di penginapan sekitar Malabar, para peserta lain ada yang dari cikarang langsung berangkat pake bus yang sudah di persiapkan oleh Team Ruzuh makanya aga terlambat kena macet selama perjalanan,.

Saya menuju lokasi menghapiri teman teman yang nginap di Malabar kebetulan mereka juga sama menginap cuman tidak bawa keluarga biasa lah ketemu team ruzuh  jadi ruzuh….deh .

Waktu menunjukan jam 09.30 peserta sudah mulai datang pake bus maupun yang bawa mobil pribadi, kita seperti biasa berkumpul  untuk berdoa agar selama perjalanan selamat dan berbagai arahan dan nasehat dari team ruzuh  ….Gooooo……….West .

Sesudah semuanya lengkap kita mulai star karena banyak nya peserta, track jadi penuh yaa..biasalah mulai pada ttb , cuaca sudah mulai ta bersahabat mulai gerimis hujan , kadang panas kadang hujan , track estafe pertama kita menyusuri perkebunan yang di tanam  milik masarakat sekitar , trus menuju jalan perkebunan aspal yang sudah rusak menuju  Pemandian Cibolang  lumayan 30 menit kita sampai pemandian air panas cibolang .

IMG-20140209-WA015[1]

IMG-20140209-WA020[1]

Setelah berhenti sejenak di pemandian cibolang track di lanjutkan menanjak  single track melewati pipa geothermal  menuju kebon teh dan beberapa punggungan ,jalan macadam ,yang biasa para petani lewat  untuk estafe pertama adalah situ Cisanti  lumayan cukup menguras tenaga karena yang kita lewati  areal PLTP Wayang windu  jalan of road , macadam melewati beberapa punggungan semakin lama  menanjak melewati 1790 dpl , dengan cuaca yang dingin  wah seruuuu untuk etape ini,  ketemu jalan rusak , penuh air , batu batu dan banyak jebakan lobang yang di tutupi rumput .sekitar 3 jam waktu kita berada tengah hamparan kebun teh  kadang GGB kadang TTB …wah seru yang indah di pandang mata .

Setelah melewati  semua track dengan badan yang basah kuyup, akhirnya sampai juga di tempat istirahat makan siang dan sholat dzuhur yaitu di  situ cisanti, yaitu situ yang luasnya sekitar 5 Hektar mempunyai panorama yang sejuk di mata ,  waktu menunjukan pukul 2  siang   segera menyantap makan siang  yang sudah di persiapkan team rusuh .

Karena badan basah kuyup kita ga lama lama untuk istirahat segera melanjutkan perjalanan menuju Geothemal power plan wah …tantangan semakin seru karena banyak tanjakanya ke titik 1820 mdp, bener juga melewati jalan rusak dan berbatu full of road , ga lama semakin atas track ga bisa digowes full TTB , di tambah hujan semakin besar  udara di sini mencapai 10 derajat , wah kalau banyak berhenti badan jadi dingin bisa kena hipertomia  makanya biar pun ttb kita jalan trus ….menjelang puncak 1821 dpl hujan semakin besar puncak tumpeng membuat para goweser terlihat cape dan menggigil  banyak goweser yang jatuh karena track sangat licin.

Berselang setelah melewati ganasnya track tumpeng, yang konon banyak anak macan di sini, akhirnya kita ketemu pipa Geotermal power plan dan mulai ada kehidupan ketemu mobil truck pengakut alat berat,  jadi titik finis sudah mulai dekat , tidak basa basi lagi kita melibas turunan panjang aspal halus menuju kebon teh Malabar 1 jam perjalanan akhirnya sampai ke titik finis perkebunanan Malabar , wah puas rasanya  kolosal kali ini alhamdulilah selamat hanya 1 kali jatuh jebakan batman pas sebelum situ cisanti …

Ga lama akhirnya sampai ke titik Finis kebon teh malabar di sana sudah banyak yang kumpul  dan berbenah mandi untuk segera pulang ke rumah masing masing , sungguh pengalaman yang mengasikan ….

DT Hendarwan

Salam Malabar ber dingin ..

About Deni Hendarwan

The Word is flatt....No Worry Ride Ride ....
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.