Ban Sepeda MTB

Ban Sepeda MTB.

Nah sering terlupakan ketika kita bersepeda yaitu pemilihan ban , Ban merupakan suatu bagian yang sangat penting dalam bersepeda,  tepatnya ukuran ban sepeda, mempengaruhi efektifitas kesetabilan  bersepeda  dan mempengaruhi kecepatan  saat  bersepeda, jika salah penggunaan akan mengakibatkan  licin selip atau jatuh sehingga dapat membahayakan si pengguna sepeda tersebut .

Ada  macam Kembangan sepeda   :

Off Road  : Kembangan ban ini besar dan kasar sangat bagus untuk medan berlumpur dan tanah cocok buat jenis sepeda, MTB, XC.atau Free ride  biasaya ukuranya 26 x 1.95, 2.0,2.5.3.00.

Semi Off Road : Kembangan halus di bagian tengahnya dan kasar di sisi luar ban bisa di gunakan di jalan raya, aspal  cocok buat sepeda santai biasa nya ukuranya 26x 1.25, 1.75 .

Road Slik : Kembangannya benar gundul  biasanya buat jalan yang sangat halus biasanya ukuranya  26×1.25 .

Ban Sepeda dan Rekomendasi Ukuran Berdasar Penggunaan:

Jenis Penggunaan WTB
(dalam Inch)
Panacer
(dalam Inch)
Maxxis
(dalam Inch)
Michelin
(dalam Inch)
Cross Contry 2.10 inch 1.75 – 2.10 1.75 – 2.10 1.75 – 2.10
All Mountain 2.10 – 2.50 2.10 – 2.35 1.95 – 2.40 1.95 – 2.40
Downhill 2.30 – 2.5 2.30 – 2.5 2.35 – 2.70 2.35 – 2.70

Ban sepeda crosscountry memiliki ukuran standar mulai dari 1.75 sampai 2.10 inch.

Sedangkan ban sepeda gunung jenis All Mountain / AM memerlukan ukuran lebih lebar. Secara rata rata memiliki ukuran 2.10 inch atau lebih. Mengingat medan dari All Mountain lebih keras dan bervariasi, maka ukuran ban yang dibuat umumnya lebih lebar dari tipe ban CrossCountry.

Sementara ukuran ban untuk medan yang lebih extreme adalah ban Downhill, umumnya dibuat dengan lebar tidak kurang dari 2.30 inch, dan ukuran terbesar mencapai 2.50 inch.

Bahan ban terbuat dari karet tetapi memiliki perbedaan sisinya  di antaranya :

Kvlar : Terbuat dari serat nylon yang sangat kuat dan memungkinkan ban bisa di lipat dan ringan bobotnya  .

Kawat Baja /biasa :Seperti ban sepeda umumnya sisi banya terdapat serat baja berat dan kuat, tidak bisa di lipat seperti bahan kvlar  .

Saya ulas jenis ban yang saya sudah pakai di antaranya:

Ban Maxxis Larsen TT, Ban Kenda Nevegal, Ban Panaracer Cinder XC saya mencoba memakai ban sesuai dengan peruntukanya , untuk sejenis Ban Maxxis Larsen dan Panaracer cinder XC kita coba pakai di sepeda HT , dan Kenda Nevegal 2.0 Belakang, Maxxis Larsen 2.00 (depan) kita coba pakai sepeda full suspension   nah ini ulasanya .

Maxxis Larsen TT 26×2.0(Depan,Belakang)

Kenda nevegal 2.10. (belakang) Larsen TT 2.00( depan)

Ban Maxxis Larsen TT

Ban  Maxxis Larsen TT salah satu ban yang banyak di sukai di rancang oleh Larsen TT ,terbuat ada dari karet dng sisinya Kvlar dan kawat baja, jadi ada yang bisa di lipat dan tidak bisa , harga yang terjakangkau, gampang di dapat ,nyaman di pakai XC  yang suka nanjak km 0 sentul,  cocok sekali hi hi .. ban di pakai tidak berat cukup ringan  , cengkraman cukup enak, biasanya dengan ukuran 26×1.90. 1.95 ,2.00 untuk track aspal dan makadam jagonya hi hi …jenis ban maxis Larsen ini sangat cocok buat yang suka blusukan ke kampung –kampung, tapi kurang enak di pakai ke jalan yang berlumpur dan tanah merah dan licin  seperti jenis  track RA , TW3. TW5 .

Ban Kenda Nevegal

Karena seringnya ke medan yang licin dan tanah seperti track RA, TW5, dan khususnya yang banyak kebon tehnya yang dingin  he he …saya mencoba ban Kenda Nevegal terbuat dari karet dng sisi kvlar tapi sulit untuk di lipat, cocok buat  sepeda Full sus ,  ban  Yang satu ini memang sudah terkenal. Knob tidak terlalu rapat, tetapi lebih dalam mengigit medan tanah. Semua ukuran dari 26×2.0,2.10 atau 29×2.0  memiliki rancangan yang sama. Rancangan ban Kenda Nevegal nyaris seperti model buatan Maxxis, dan  perancangan ban dibuat oleh John Tomac, lumayan ban sangat kuat tapi bobot yang berat , apalagi kalau melewati jalan yang beraspal  he he …..tapi majalah Singletrack merilis beberapa ban sepeda gunung terbaik menurut mereka  ada 5 ban, salah satunya  Kenda Nevegal si legendaries ini .he he …….

Ban Panaracer  Cinder XC

Ban yang satu ini ban yang katanya enak buat XC  sejenis ban maxis Larsen TT, tapi enak juga medan yang licin tanah merah , sangat ringan  640g    karena ukuran 26×1.95 mudah di lipat dan dibawa dengan bahan karet dng sisi  kvlar yang lentur  dengan kembangan yang mencengkarm tapi tidak licin , gampang dan sangat lentur memasangnya tidak pake alat juga mudah saat melepaskan ban dari rim ,  sayang cukup sulit cari ban tersebut  terbatas  karena kurangnya peminat kali he he …ban ini menggabungkan semua medan khususnya  medan cross country..  CMIIW … Correc me if  Im wrong ,,,,,

 

Kisaran Harga Ban tersebut :

-Ban Maxxis Larsen TT kisaran  Rp 175,000 rb/pcs

-Ban Kenda Nevegal kisaran  Rp 275.000, s/d 350.000 rb /pcs

-Ban Panaracer Cinder XC  Rp 350.000,/pcs

atau bisa liat di : http://www.sepeda98.com/2010/05/ban-maxxis-mtb-folding-bike-balap.html

*Sumber dari pengalaman , bacaan dan majalah MTB …*

Semoga Bermanfaat …

DT Hendarwan

About these ads

Tentang Deni Hendarwan

The Word is flatt....No Worry Ride Ride ....
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Ban Sepeda MTB

  1. arnold berkata:

    salam hangat. yang mau rental sepeda, kami “My Bike (di kota Bandung)”, khusus merentalkan sepeda termasuk sepeda mtb, sepeda ini mungkin bisa digunakan sebagai salah satu alternatif untuk kegiatan outbound dan kegiatan untuk wisata baik itu wisata kota, desa dan cross country, dll. Dimana trend bersepeda ini lagi naik daun. Bersepeda ini banyak positipnya lho, al : baik untuk kesehatan, menimbulkan keakraban, menimbulkan persaudaran, menimbulkan keceriaan, menimbulkan kebersamaan, dll. Untuk lebih jelasnya tentang rental sepeda, klik aja website My Bike di : http://www.rentalsepeda.com.
    thx, ya, mdh2an bermanfaat. arnold 0817 230 8338

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s